Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Buffon: Italia Punya Mental Juara

Kiper Juventus itu menganggap keberhasilan Italia hal yang luar biasa

Penulis: Husein Sanusi
Editor: Ravianto
zoom-in Buffon: Italia Punya Mental Juara
Gianluigi Buffon menangkap tendangan penalti Walter Gargano 

TRIBUNNEWS.COM, RIO DE JANEIRO - Tim Nasional Italia harus susah payah mendapatkan posisi ketiga Piala Konfederasi 2013. Mereka dipaksa menentukan tempat ketiga lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit menghadapi Uruguay.

Adalah kapten Italia Gianluigi Buffon yang punya peran besar dalam mengantarkan sukses Italia memastikan tempat ketiga. Kiper gaek itu menggagalkan tiga penalti para eksekutor Uruguay. Terlepas dari itu, kemenangan ini diakui Buffon karena faktor kekuatan mental Gli Azzurri.

"Sebuah kebanggaan besar dari semua pemain. Akan lebih sulit kalau kami tidak punya mental pemenang. Kami kepayahan, tapi kami berjuang sampai habis. Saya tidak bisa memberikan kegembiraan ketika menghadapi Spanyol, tapi saya melakukannya hari ini. Meski terlambat," ujar Buffon.

Kiper Juventus itu menganggap keberhasilan Italia hal yang luar biasa karena para pemain sebenarnya masih dilanda kelelahan setelah juga harus melalui adu penalti di babak semi-final ketika menghadapi Spanyol.

"Sungguh mengecewakan kalau sampai kami gagal menang karena bermain dengan cuaca panas seperti ini setelah dua hari begitu berat, tapi kami punya semangat dan menghargai seragam yang kami kenakan sebaik mungkin," ujar Buffon.

"Sulit menilai penampilan hari ini karena merupakan sebuah mukjizat kami bisa berjalan di atas lapangan, bukannya merangkak. Mampu meraih kemenangan justru menunjukkan potensi kami yang sesungguhnya," tambahnya.

Italia yang turun dengan sebagian besar pemain pelapis, unggul lebih dulu atas Uruguay lewat gol Davide Astori menit ke-24 memanfaatkan rebound tendangan bebas Alessandro Diamanti. Namun Edinson Cavani menyamakan kedudukan pada menit ke-58.

BERITA TERKAIT

Memasuki menit 73, free kick indah Diamanti akhirnya menjebol gawang Fernando Muslera. Namun Cavani kembali membalasnya, juga lewat tendangan bebas indah. 

Skor ini bertahan hingga babak perpanjangan waktu dan memaksa kedua tim menyelesaikan laga lewat adu tos-tosan.

Italia yang babak semifinal kalah beruntung dalam adu penalti dari Spanyol, kali ini tampil sebagai pemenang berkat aksi cemerlang Buffon yang menahan eksekusi Diego Forlan, Martin Caceres, dan Walter Gargano. Hanya tendangan Cavani dan Luis Suarez yang merobek gawang Buffon.
Sementara tiga eksekutor Italia yang berhasil adalah Alberto Aquilani, Stephan El Shaarawy, dan Emanuele Giaccherini. Hanya Mattia De Sciglio yang gagal.(Tribunnews.com/cen)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas