Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Bertentangan dengan Agama, Cisse Tolak Sponsor Baru Newscastle United

Striker Newcastle United asal Senegal, Papiss Cisse kemungkinan besar didepak dari klubnya karena menolak kesepakatan dengan sponsor baru

Penulis: Sanusi
zoom-in Bertentangan dengan Agama, Cisse Tolak Sponsor Baru Newscastle United
afp
Papiss Cisse 

TRIBUNNEWS.COM, NEWCASTLE - Striker Newcastle United asal Senegal, Papiss Cisse kemungkinan besar didepak dari klubnya karena menolak kesepakatan dengan sponsor baru Newcastle, yaitu perusahaan pemungut riba melalui pinjaman lunak, Wonga.

Seperti dilansir Tribunnews dari Daily Mail, Cisse yang diprediksi mampu menghasilkan pendapatan sebesar 40.000 poundsterling per minggu tersebut, melakukan latihan sendiri sekembalinya dari istirahat musim panas pekan lalu. Cisse yang seorang Muslim menolak untuk memakai semua peralatan yang berkaitan dengan Wonga, bahkan dia juga menolak memakai jersey pertandingan, karena bertentangan keyakinan agamanya.

Sejumlah interpretasi mengatakan, dalam hukum Syariah, seorang Muslim dilarang untuk meminjamkan sejumlah uang dengan rentetan bunga. Sistem bunga tidak dikenal dalam konsep Bank Syariah.

Sebelumnya, mantan striker West Ham Frederic Kanoute yang juga seorang Muslim diizinkan oleh Sevilla untuk memakai kemeja tanpa sponsor, sementara Sevilla sendiri disponsori oleh rumah judi 888.com.

Newcastle menandatangani kesepakatan 24 juta poundsterling dengan Wonga untuk menggantikan Virgin Money sebagai sponsor Newcastle tahun lalu.

Langkah klub tersebut menimbulkan kemarahan sejumlah fans. Mereka menolak klub disponsori oleh sebuah perusahaan yang membebankan bunga lebih dari 5,853 persen per tahun atas pinjaman jangka pendek.

Cisse sendiri telah menawarkan untuk memakai perlengkapan yang disponsori oleh amal untuk menyelesaikan konflik, namun proposal tersebut sejauh ini telah ditolak. Konflik yang telah berlangsung selama beberapa minggu mengarah ke spekulasi bahwa Cisse bahkan mungkin dipaksa untuk berhenti dari klub.

BERITA TERKAIT

Cisse, yang pernah memakai jersey klub bersponsorkan Northern Rock dan logo Virgin Money, membuat petinggi klub sadar ia merasa tidak nyaman mengenakan semua yang berkaitan dengan Wonga ketika kesepakatan kontroversial diumumkan pada akhir musim lalu. Meskipun demikian, pemain Muslim lainnya di klub, termasuk Hatem Ben Arfa , belum mengambil sikapnya.

Pemain dan klub telah terlibat dalam negosiasi panjang, bahkan memanggil serikat pesepakbola (PFA), untuk mengatasi situasi yang diharapkan dapat diselesaikan sebelum para pemain terbang dari Portugal untuk pelatihan intensif satu minggu.

Pada Selasa malam, setelah kemenangan pra-musim atas Motherwell di Skotlandia, manajer Alan Pardew mengumumkan ia mengambil skuat penuh ke Portugal, termasuk Cisse.

Namun striker Muslim itu tidak ada dalam penerbangan yang meninggalkan Newcastle. Ketidakhadirannya telah meningkatkan spekulasi bahwa ia dipaksa untuk berhenti dari St James Park.

Cisse bergabung dengan Newcastle melalui kesepakatan sebesar 9 juta poundsterling dari Freiburg pada Januari tahun lalu. Memakai nomor 9, Cisse mencetak 13 gol dalam 14 pertandingan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas