Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Mekan Nazirov Berpeluang Dipertahankan Barito Putera

Peluang Mekan Nazirov untuk kembali memperkuat Barito Putera terbuka lebar

zoom-in Mekan Nazirov Berpeluang Dipertahankan Barito Putera
net
Mekan Nazirov 

TRIBUNNEWS.COM – Peluang Mekan Nazirov untuk kembali memperkuat Barito Putera terbuka lebar meskipun nasibnya masih belum diputuskan oleh tim pelatih.

Apabila regulasi mengenai penggunaan pemain asing nantinya sudah ditetapkan tiga asing ditambah satu Asia, maka el Capitano alias Kapten Barito Putera itu kemungkinan dipertahankan.

Pelatih Kepala Barito Putera, Salahudin menerangkan, Mekan merupakan salah satu ruh dalam timnya. Bahkan dia mengatakan bahwa tim masih butuh tenaga pemain asal Turkmenistan ini untuk menapaki kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim berikutnya.

"Mekan merupakan salah satu ruh dalam tim kita dan kita sebetulnya masih perlu tenaga dia. Tapi akan kita lihat perkembangannya nanti sambil menunggu kepastian regulasi," kata Salahudin.

Hanya saja Salahudin sedikit menyoroti masalah pengendalian emosi Mekan. Salahudin memberi catatan bahwa Mekan apabila kembali memperkuat tim nantinya harus lebih baik lagi mengontrol emosinya.

Karena, berdasarkan statistik, dari 30 kali bermain untuk Barito di ISL, Mekan sudah mendapat sembilan kartu kuning dan dua kartu merah. Salahudin menambahkan, apabila dalam perburuan tim mendapatkan pemain gelandang serang lokal yang bagus maka Mekan akan dipertahankan dan sebaliknya.

Untuk itulah apabila ingin mempertahankan Mekan, maka tim harus bisa mendapatkan pemain gelandang serang yang benar-benar berkualitas. Performa Mekan sendiri boleh dibilang tidaklah terlalu mengecewakan saat membela tim sepanjang menapaki ISL 2012/2013.

BERITA TERKAIT

Sesuai dengan posisinya yakni gelandang bertahan, Mekan menjadi pagar terdepan tim saat mendapat serangan dari lawan. Mekan sangat handal menghambat aliran bola dari lawan yang ingin menembus pertahanan tim. Dia tergolong pemain dengan tipe pekerja keras.

Salahudin memuji performa Mekan, bahkan menyebutnya sebagai salah satu pemain gelandang bertahan terbaik yang ada di Tanah Air. "Untuk gelandang bertahan, Mekan kita rasa sebagai salah satu pemain terbaik. Makanya cukup sulit untuk mencari pemain seperti dia," katanya.

Dibandingkan pemain lainnya di dalam tim, Mekan merupakan pemain yang boleh dibilang tergolong lebih tua. Meski demikian Salahudin menilai Mekan masih sangat layak untuk bergabung dengan timnya, pasalnya Mekan masih memiliki beberapa keunggulan.

"Mekan sangat layak membela tim karena fisiknya masih sangat bagus, bahkan dia memiliki VO2MAX paling tinggi dalam tim. Dan dia juga memiliki jiwa kepemimpinan," katanya.

VO2MAX adalah kadar oksigen di dalam tubuh. Makin tinggi VO2MAX, semakin bagus stamini fisik seseorang. (Frans Rumbon/Metro Banjar)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas