Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Djohar Arifin: Insya Allah Sepak Bola Ikut Asian Games 2014

PSSI akan mengirimkan tim nasional Indonesia U-23 berlaga di Asian Games.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Ravianto
zoom-in Djohar Arifin: Insya Allah Sepak Bola Ikut Asian Games 2014
/henry lopulalan
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan kesiapannya tampil di ajang Asian Games XVII di Incheon Korea Selatan pada 19 September-4 Oktober 2014.

"Asian Games tidak tercantum di dalam kalender FIFA, AFC, ataupun AFF. Masyarakat ingin Indonesia ikut serta. Pengurus sepakat mengirim tim jika diminta. Insya Allah, PSSI siap," tutur Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin saat ditemui di Kantor KOI di FX Sudirman, Jakarta, Kamis (23/1/2014).

PSSI akan mengirimkan tim nasional Indonesia U-23 berlaga di Asian Games. Mengenai pelatih yang ditunjuk menangani skuat Garuda Muda akan dibahas dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Surabaya pada Sabtu (25/1/2014).

"Cabang olahraga sepak bola di Asian Games membatasi kelompok umur. Kami mengirim timnas U-23. Materi pemain sebagian besar pemain di SEA Games 2013. Pelatih akan diputuskan di rapat Exco," tuturnya.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dipersilahkan untuk mendaftarkan tim nasional berlaga di Asian Games XVII di Incheon, Korea Selatan pada 2014.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo ditemani Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Djoko Pekik Irianto, dan Asisten Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Djoko Sulistiyono membawa hasil baik ini dari pertemuan Olympic Council Asia (OCA) General Assembley 17-18 Januari 2014.

BERITA TERKAIT

Ketua KOI Rita Subowo bertemu dengan Presiden OCA, Sheikh Ahmad Fahad Al Sabah dan Direktur General OCA, Husain Al-Musallam. Dalam pertemuan tersebut, Rita meminta supaya timnas sepak bola Indonesia bisa ikut serta di Asian Games.

"Kedua tokoh OCA setuju supaya timnas sepak bola tampil di Asian Games. Soalnya, sepak bola di Asian Games tidak melalui kualifikasi. Kami sudah memfasilitasi dan mereka mempersilahkan untuk mendaftarkan diri," kata Rita Subowo dalam konfrensi pers di Kantor KOI, FX Sudirman, Jakarta, Kamis (23/1/2014).

Mantan Ketua KONI Pusat meminta kepada PSSI untuk berdialog dengan pemerintah. Sebab keberangkatan suatu cabang olahraga mewakili nama negara berada dalam satu kontingen.

"PSSI segera berdialog dengan pemerintah. Kami memperjuangkan dan memfasilitasi supaya sepak bola bisa ke Asian Games. Keputusan pengiriman, duduk bersama, KOI, cabang olahraga, dan satlak prima, sehingga semua satu suara. PSSI harus berada di dalam kontingen. Pemberian fasilitas dan pendanaan semua harus sama di semua cabang olahraga," katanya.

Rita Subowo menemui Sekjen AFC, Alex Soosay dan panitia sepak bola Asian Games yang hadir pada acara itu. Keduanya mengingatkan supaya timnas sepak bola mempersiapkan diri secara maksimal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas