Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Superskor
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Timnas Indonesia U-19 Butuh Tenaga Fisioterapi

Menurut dokter timnas Indonesia U-19, Alfan Nur Asyhar, peran itu diperlukan untuk membantu pekerjaan seorang dokter.

Timnas Indonesia U-19 Butuh Tenaga Fisioterapi
Berita Kota Super Ball - Eko Priyono
Alfan Nur Asyhar, dokter timnas U-19

TRIBUNNEWS.COM - Masih banyak kendala yang dihadapi timnas U-19 selama menjalani pelatihan nasional (pelatnas) tahap kedua di Yogyakarta.

Tidak hanya peralatan latihan yang minim, fasilitas penunjang kesehatan pun masih belum sesuai standar yang diperlukan. Kini, timnas U-19 juga membutuhkan tenaga fisioterapis.

Menurut dokter timnas Indonesia U-19, Alfan Nur Asyhar, peran itu diperlukan untuk membantu pekerjaan seorang dokter. Fisioterapis merupakan kepanjangan tangan dokter tim. Misalnya ada seorang atlet yang cedera. Dokter memeriksa dan mendiagnosis cedera tersebut. Perawatannya hingga pemain pulih diserahkan kepada fisioterapis.

"Sekarang sembari menunggu ya bekerja sama dengan klinik. Tugas fisioterapi sekarang dijalani oleh Aditya (Prameswara). Dia diajarkan bagaimana menangani pemain," kata Alfan.

Belum lama ini Alfan membawa enam pemain timnas U-19 ke klinik STIKES Aisyiyah, yang bekerja sama dalam merawat atlet timnas U-19.

Keenam atlet yang dibawa adalah Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Dinan Yahdian Javier, Muhammad Hargianto, Ilham Udin Armaiyn, Muhammad Sahrul, dan Eriyanto. Kunjungan itu hanya ingin memastikan kebugaran pemain 100 persen.

Secara prinsip, semuanya bisa melahap sesi latihan yang diberikan tim pelatih setiap harinya. Namun, enam pemain ini sempat mengeluh merasakan nyeri. Untuk menghilangkan perasaan nyeri itulah Alfan mengajar enam pemain tersebut ke klinik STIKES Aisyiyah.

Berikut kondisi enam pemain yang menjalani fisioterapi.

*Muchlis Hadi Ning Syaifullah
Sedikit nyeri saat mengayunkan tangan kiri

*Dinan Yahdian Javier
Nyeri di bagian tulang punggung kaki kanan

*Muhammad Hargianto
Bermasalah di punggung kaki kanan

*Ilham Udin Armaiyn
Efek terjatuh ketika menjalani pelatnas tahap pertama di Batu, Malang-Jawa Timur. Untuk lari jarak pendek dan tendangan tidak ada masalah. Hanya ketika proses membalikan badan, masih mengalami nyeri di engkel

*Muhammad Sahrul
Bagian belakang bokong hingga ke paha

Eriyanto
*Otot lutut terbentur lantai lapangan

Ikuti kami di
Penulis: Eko Priyono
Editor: Dewi Pratiwi
Sumber: Super Skor
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas