Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Inspirasi Nama Zouma dari Van Damme

Nama Kurt diberikan sang ayah setelah melihat film yang dibintangi aktor laga Hollywood, Jean Claude van Damme.

Penulis: Nurfahmi Budi
Editor: Ade Mayasanto
zoom-in Inspirasi Nama Zouma dari Van Damme
net
Kurt Zouma 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurfahmi Budi

TRIBUNNEWS.COM - TAK banyak informasi mengenai masa lalu Kurt Zouma. Pesepakbola kelahiran 17 Oktober 1994 ini hanya diketahui memiliki darah Republik Afrika Tengah dari sang ayah. Setelah itu, tidak ada bukti lain tentang asal muasal dan zona kehidupan saudara kandung Lionel Zouma tersebut.

Kariernya naik setelah Manajer St Etienne, Christopher Galtier meninggikan pangkatnya dari tim junior ke level senior pada musim 2011/2013. Ia menjalani debut profesional pada 31 Agustus 2011 di ajang Piala Liga, bersua Bordeaux, dan membawa timnya unggul 3-1.

Selain partai pertama, hal menarik lain dari sosok Zouma adalah nama Kurt, yang menjadi first name. Maklum, sangat jarang warga Afrika yang memiliki nama depan seperti itu. Usut punya usut, Zouma mengakui kalau namanya memang tak lazim. "Dan itu tak memiliki arti," ucap Zouma, di FIFA.com.

Menurutnya, nama Kurt diberikan sang ayah setelah melihat film yang dibintangi aktor laga Hollywood, 'Kickboxers'. Kala itu, film bergenre pertarungan tersebut sedang booming. Sang ayah, Zouma Sr memang memfavoritkan Jean Claude van Damme.

Di film tersebut, sang bintang memerankan karakter bernama Kurt Sloane, yang terkenal jagoan di atas ring. Tidak hanya di atas arena, Kurt juga menjadi sosok baik di luar pertandingan. "Karena itulah Kurt langsung disematkan pada nama depanku. Pasti ayah berharap suatu saat sang anak punya jiwa seperti Kurt Sloane, jagoan di arena kerja, dan punya jiwa sosial di luar itu," ungkap Zouma.

Ternyata, apa yang disematkan sang ayah menjelma di lapangan. Bedanya, Zouma mengakui kalau dirinya kadangkala lepas kendali ketika berada di bawah tekanan. Hal itu pula yang diakuinya ketika menekel keras seorang pemain Sochaux, yang membuatnya mendapat kartu merah plus larangan bertanding sebanyak 10 partai.

BERITA TERKAIT

"Saat mendapatkan kartu merah, saya langsung berpikir tentang nama Kurt, dan itu muncul tiba-tiba. Pasti ayah kecewa, dan itu menjadi kenyataan. Saya berjanji untuk berubah, dan suatu saat akan memberi kebanggaan pada keluarga," tegas Zouma.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas