Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Timnas Batal Pakai Mattoangin Gara-gara Lampu

Hasil rapat tim HPU BTN setelah melakukan peninjauan langsung ke stadion yang berkapasitas 30 ribu

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Timnas Batal Pakai Mattoangin Gara-gara Lampu
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Salah satu laga di Stadion Mattoangin, Makassar 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia dipastikan tidak akan memakai Stadion Mattoangin untuk menggelar pertandingan uji coba. Sejumlah lampu stadion yang tidak berfungsi menjadi penyebabnya.

Direktur High Performance Unit (HPU) Badan Tim Nasional PSSI, Demis Djamoeddin, mengatakan Stadion Mattoangin belum layak digunakan untuk menggelar pertandingan uji coba tim nasional. Penegasan itu disampaikan Demis menyusul hasil rapat tim HPU BTN setelah melakukan peninjauan langsung ke stadion yang berkapasitas 30 ribu penonton yang dibangun untuk penyelenggaraan PON IV tahun 1957.

“Kami sudah paparkan hasil inspeksi Sabtu lalu, kepada BTN Senin siang tadi.  Keputusannya, belum layak untuk TC Timnas di bulan Mei ini,” ungkap Demis dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com, Senin (28/4/2014).

Menurut Demis terdapat ada dua faktor penting yang menghalangi Mattoangin untuk dapat menggelar pertandingan timnas. Pertama lampu stadion. Selain hanya memiliki 600 lux, terdapat beberapa buah bola lampu yang berada dalam kondisi putus atau tidak berfungsi.

“Timnas harus main malam karena kami ada kerjasama penayangan di televisi dengan jam tayang prime time. Kualitas lapangan juga membutuhkan perbaikan yang serius. Tidak cukup cuma disiram, tapi dibongkar, dipasir, dan diratakan,” jelas Demis.

Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) sebagai pihak pengelola stadion mengaku tidak bisa meningkatkan kapasitas lampu, termasuk mengganti lampu yang tidak berfungsi dalam waktu singkat. Demikian dikatakan Ketua YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta kepada Demis Djamaoeddin saat melakukan inspeksi lapangan Sabtu lalu.

“Pak Ilham butuh waktu untuk melakukan perbaikan seperti disyaratkan BTN. Tidak bisa dalam waktu singkat,” ungkap Demis seraya menambahkan bahwa BTN akhirnya memutuskan untuk tidak memenuhi undangan Asprov PSSI Sulsel agar Timnas U-23 bermain di Stadion bersejarah tersebut.

BERITA TERKAIT

Atas hal tersebut, BTN memutuskan memilih Yogyakarta sebagai tempat TC Timnas U-23 di bulan Mei ini. Timnas besutan Aji Santoso itu akan menjalani ujicoba di Stadion Maguwohardjo Sleman atau Manahan Solo. “Soal stadion tempat ujicoba akan segera diputuskan BTN setelah ditentukan lawan mainnya,” ujar Demis

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas