Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Kolektivitas jadi Senjata Kroasia

Mimpi buruk yang bisa dihadirkan Kroasia tidak hanya daya magis Luka Modric di lini tengah.

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Sanusi
zoom-in Kolektivitas jadi Senjata Kroasia
Zimbio
Timnas Kroasia 

TRIBUNNEWS.COM - Mimpi buruk yang bisa dihadirkan Kroasia tidak hanya daya magis Luka Modric di lini tengah. Satu yang menjadi senjata andalan Pelatih Niko Kovac adalah permainan kolektif.

Penyerang Nikica Jelavic sesumbar melontarkan keyakinan Kroasia akan membuat Brasil kewalahan di hadapan publik mereka sendiri.

"Saya dan semua anggota tim nasional begitu bangga mengenakan seragam ini. Sebagai sebuah negara baru, rasanya seperti darah memanas ketika Anda mengenakan seragam. Anda akan terlihat seperti seekor pitbull. Kami akan membuat mereka berada di bawah tekanan untuk meraih kemenangan," tutur Jelavic, di Daily Mail.

Jangan berharap laga akan berjalan satu arah dengan aksi joga bonito tim Brasil. Meski bertindak sebagai tamu dan berposisi sebagai underdog, Kroasia menjanjikan pertandingan pembuka yang akan dikenang oleh jutaan pasang mata di dunia.

Niko Kovac mendapat pelajaran penting dari laga persahabatan Brasil melawan Serbia akhir pekan lalu. Dari laga yang dimenangkan Brasil hanya dengan skor 1 0 itu, Kovac menilai tim Samba kerepotan menghadapi permainan Serbia. Selain itu Kovac menilai skuat asuhan Luiz Felipe Scolari tertekan bermain di hadapan pendukung sendiri.

Kovac menilai Brasil tidak hanya diharapkan meraih kemenangan, tapi juga menunjukkan permainan yang menghibur. Permainan seperti itu yang justru diyakini Kovac sebagai peluang bagus untuk Kroasia. Menurut Kovac semakin lama timnya menguasai bola, maka pemain Brasil akan semakin tenggelam dalam kepanikan.

"Kami tidak akan parkir bus di kotak penalti, kami ingin bermain terbuka dan kami yakin bisa meraih angka atas mereka. Mereka memenangkan 15 dari 16 laga terakhir, namun saya tahu taktik apa yang bisa diterapkan untuk melawan mereka," tegas Kovac, dilansir Reuters.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas