Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Jalannya Laga Babak Pertama Brasil 1 Vs 1 Chile: Samba Lebih Berpeluang Menang

Data yang dihimpun Tribunnews.com dari Opta, sebelum laga ini Brasil baru kalah sekali pada 15 laga terakhir Piala Dunia saat mencetak gol lebih dulu

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Jalannya Laga Babak Pertama Brasil 1 Vs 1 Chile: Samba Lebih Berpeluang Menang
net

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Deodatus S Pradipto

TRIBUNNEWS.COM – Timnas Brasil memiliki peluang besar untuk menang atas Timnas Chile pada babak 16 besar di Estadio Mineirao, Sabtu (28/6/2014). Meski babak pertama ditahan imbang 1-1, sejarah membuktikan Brasil cenderung bisa meraih kemenangan.

Data yang dihimpun Tribunnews.com dari Opta, sebelum laga ini Brasil baru kalah sekali pada 15 laga Piala Dunia terakhir ketika mencetak gol lebih dulu.

Dalam kurun waktu itu Brasil 13 kali meraih kemenangan dan sekali imbang. Brasil unggul terlebih dulu sejak menit ke-18 melalui bek David Luiz.

Terciptanya gol ini berawal dari tendangan bebas Hulk yang ditepis oleh Claudio Bravo sehingga menghasilkan tendangan penjuru. Neymar yang menjadi eksekutor kemudian melayangkan bola lambung ke mulut gawang.

Thiago Silva menyambut bola dengan sundulan, namun tidak mengarah langsung ke gawang. Di tiang dekat, David Luiz membelokkan bola ke gawang dengan sentuhan pahanya.

Chile mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-32 melalui Alexis Sanchez. Penyerang sayap Brasil, Hulk, turut berandil atas terciptanya gol penyerang sayap Barcelona itu.

Di sisi kiri pertahanan, umpan balik Hulk menyambut lemparan ke dalam Marcelo dipotong oleh Eduardo Vargas.

Mendapat bola, Vargas kemudian melepaskan umpan tarik mendatar ke tengah kotak penalti. Sanchez yang tidak terkawal kemudian menuntaskan umpan tersebut dengan tendangan datar kaki kanan ke tiang jauh sisi kiri.

Thiago Silva tidak mampu menghalau karena telat menutup ruang tembak. Sebelum turun minum Brasil memiliki dua peluang bagus untuk kembali unggul. Pada menit ke-39, sontekan kaki kiri Fred di mulut gawang melambung jauh di atas mistar gawang.

Peluang bagus berikutnya tercipta pada menit ke-42 ketika tendangan Dani Alves dari luar kotak penalti ditepis Bravo tepat di bawah mistar gawang. Meski bertindak sebagai tuan rumah, permainan Brasil pada babak pertama justru kalah bersinar dari Chile.

Statistik pertandingan yang dirilis ESPN menunjukkan penguasaan bola Chile justru lebih banyak daripada Brasil. Penguasaan bola skuat asuhan Jorge Sampaoli mencapai 58 persen. Sedangkan menurut Squawka, akurasi umpan La Roja mencapai 79 persen, 10 persen lebih banyak daripada Brasil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas