Superskor

Piala Dunia 2014

Aksi Gemilang Navas Buat Kosta Rika Paksa Belanda Lanjut ke Extra Time

Timnas Kosta Rika menggagalkan dua peluang bagus Robin van Persie pada injury time ketika menghadapi timnas Belanda pada babak perempat final

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Aksi Gemilang Navas Buat Kosta Rika Paksa Belanda Lanjut ke Extra Time
zimbio.com
Satu di antara aksi penyelamatan penjaga gawang Kosta Rika, Keylor Navas dalam laga melawan Belanda di perempatfinal Piala Dunia 2014 di Arena Fonte Nova, Minggu (6/7/2014). Aksi gemilang Navas membuat laga harus berlanjut ke babak perpanjangan waktu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Deodatus S Pradipto

TRIBUNNEWS.COMTimnas Kosta Rika menggagalkan dua peluang bagus Robin van Persie pada injury time ketika menghadapi timnas Belanda pada babak perempat final di Fonte Nova, Minggu (6/7/2014). Kosta Rika pun sukses memaksa Belanda memainkan extra time setelah tanpa gol pada waktu normal.

Dua peluang Robin van Persie tercipta pada menit ke-93 pertandingan. Peluang pertama adalah ketika tendangan bebas RvP dari area kiri pertahanan sukses ditepis penjaga gawang Keylor Navas di bawah mistar gawang.

Bola pantul kemudian menghasilkan kemelut di sekitar kotak penalti Kosta Rika. Menerima umpan pendek dari Wesley Sneijder, bek kiri Daley Blind kemudian melepaskan umpan tarik rendah ke mulut gawang.

Tiga pemain Belanda gagal menyambar bola, namun RvP yang tidak terkawal di tiang jauh sukses menyontek bola dengan tendangan kaki kirinya.

Yeltsin Tejada  menggagalkan peluang emas ini. Tejada menghalau bola dengan kakinya sebelum kemudian memantul ke atas dan digagalkan mistar gawang.

Bukan baru kali ini peluang Belanda digagalkan tiang. Tendangan bebas Wesley Sneijder pada menit ke-82 melengkung ke arah kiri. Navas tidak mampu menjangkau bola, namun bola menghajar tiang gawang.

Sepanjang babak pertama Belanda tampil dominan. Penguasaan bola mereka mencapai 62 persen dan membuat Kosta Rika kesulitan menyerang. Sebaliknya, Belanda nyaris selalu sukses menekan pertahanan Kosta Rika melalui permainan umpan-umpan pendek.

Statistik babak pertama yang dirilis oleh FIFA menunjukkan empat tendangan Belanda ke gawang Kosta Rika selalu tepat sasaran. Hanya penampilan gemilang Keylor Navas di bawas mistar gawang Los Ticos yang menggagalkan peluang Belanda.

Pada menit ke-21 Navas menggagalkan dua peluang bagus Belanda secara berturut-turut. Navas mengeblok tendangan Robin van Persie dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan terobosan Memphis Depay. Bola yang memantul ke luar kotak penalti kemudian diteruskan oleh Wesley Sneijder, namun berhasil ditangkap Navas di tengah gawang.

Delapan menit berselang Navas menggagalkan peluang Depay. Pemain klub Spanyol, Levante, tersebut sukses mengamankan tendangan Depay dari sisi kiri kotak penalti.

Navas melakukan penyelamatan akrobatik ketika menggagalkan eksekusi tendangan bebas Sneijder. Bola hasil tendangan Sneijder mengarah ke pojok kiri atas, namun Navas terbang untuk menepis bola dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Tanpa gol pada babak pertama, pertandingan harus dilanjutkan ke extra time. Selama Piala Dunia 2014, baru kali ini Belanda memainkan extra time.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Arsenal
19
16
2
1
45
11
29
50
2
Manchester City
20
14
3
3
53
14
33
45
3
Newcastle
20
10
9
1
33
11
22
39
4
Manchester United
20
12
3
5
32
20
7
39
5
Tottenham
21
11
3
7
40
21
9
36
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas