Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Sejarah Pertemuan Jerman vs Argentina

Pertandingan final turnamen sepak bola Piala Dunia 2014 merupakan pertemuan antara dua kutub kekuatan sepak bola

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Sanusi
zoom-in Sejarah Pertemuan Jerman vs Argentina
Para pemain Argentina merayakan kemenangan atas Belanda. 

TRIBUNNEWS.COM - Pertandingan final turnamen sepak bola Piala Dunia 2014 merupakan pertemuan antara dua kutub kekuatan sepak bola. Jerman mewakili benua Eropa dan Argentina merepresentasikan benua Amerika.

Jerman dan Argentina adalah kedua negara yang sama-sama telah mengoleksi trofi Piala Dunia. Der Panser, julukan Jerman, meraih gelar tersebut pada 1954, 1974, dan 1990. Sementara, La Albiceleste, merengkuh trofi pada 1978 dan 1986.

Menarik melihat gelar terakhir yang kedua negara raih. Sebab, kedua negara saling mengalahkan di partai final. Pada 1986 di Meksiko, Argentina meraih trofi setelah mengandaskan harapan Jerman Barat dengan skor 3-2.

Berselang empat tahun kemudian di Italia, giliran Jerman Barat yang menang dengan skor 1-0. Dalam dua Piala Dunia terakhir, Jerman selalu menyingkirkan Argentina di perempat final.

Di Piala Dunia 2006, kedua kesebelasan bermain imbang 1-1, sebelum akhirnya laga diselesaikan melalui tendangan adu penalti 4-2. Berselang empat tahun kemudian, mereka kembali bertemu. Der Panser meraih kemenangan dengan skor 4-0 di Afrika Selatan.

Kedua negara bertemu enam kali di Piala Dunia, di mana Jerman mendominasi dengan tiga kali menang, dua kali seri (kemenangan Jerman di Piala Dunia 2006 ditentukan melalui tendangan adu penalti), dan satu kali kalah.

Sebanyak 16 gol tercipta selama pertemuan di Piala Dunia. Torehan 11 gol yang dicatatkan Jerman menggambarkan betapa dominasi Der Panser terhadap La Albiceleste. Namun, apabila berbicara secara keseluruhan Argentina unggul atas Jerman.

BERITA TERKAIT

Kedua negara telah bertemu sebanyak 20 kali (Argentina menang sembilan kali, lima kali seri, dan Jerman menang enam kali).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas