Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Lionel Messi Pemain Terbaik Piala Dunia 2014

Sementara itu, Messi sukses mengulangi prestasi dua pendahulunya

Editor: Ravianto
zoom-in Lionel Messi Pemain Terbaik Piala Dunia 2014
Manuel Neuer (kiri) terpilih sebagai kiper terbaik sedang Lionel Messi pemain terbaik Piala Dunia 2014. 

TRIBUNNEWS.COM, RIO DE JANEIRO - Penampilan apik kiper Jerman, Manuel Neuer, mendapat ganjaran setimpal. Tak cuma membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia2014, Neuer pun merebut penghargaan golden glove sebagai kiper terbaik.

Neuer menjadi kiper kedua yang merebut penghargaan golden glove setelah Iker Casillas pada Piala Dunia 2010. Keduanya berhasil membawa negaranya menjadi juara Piala Dunia.

Sebelumnya, gelar kiper terbaik bernama Lev Yashin award dan mulai diberikan sejak Piala Dunia 994 di Amerika Serikat. Sebelum Neuer, kiper Jerman yang juga pernah menjadi yang terbaik adalah Oliver Kahn pada Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang.




Saat itu, Kahn berhasil merebut Lev Yashin award meski Jerman kalah dari Brasil pada laga final. Sementara, penghargaan lain diberikan kepada Michel Preud'homme (Belgia) pada 1994, Fabien Barthez (Prancis) pada 1998, dan Gianluigi Buffon (Italia) pada 2006.

Sementara itu, Messi sukses mengulangi prestasi dua pendahulunya, Mario Kempes (1978) dan Diego Maradona (1986) yang juga pernah menyabet penghargaan golden ball.

Menariknya, semenjak 1998, penghargaan golden ball diberikan kepada pemain dari tim yang justru kalah pada partai final atau semifinal, seperti Ronaldo (Brasil - kalah di final 1998), Oliver Kahn (Jerman - kalah di final 2002), Zinedine Zidane (Prancis - kalah di final 2006), Diego Forlan (Uruguay - kalah di semifinal 2010).

Daftar penghargaan di Piala Dunia 2014 
Golden Ball (pemain terbaik): Lionel Messi (Argentina)
Golden Glove (kiper terbaik): Manuel Neuer (Jerman)
Golden Boot (top skorer): James Rodriguez (Kolombia - 6 gol)
Fair Play award: Kolombia
Hyundai Young Player: Paul Pogba (Prancis)

BERITA TERKAIT
Sumber: Duniasoccer.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas