Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Format Pertandingan Bikin Timnas Indonesia U-21 Tak Punya Banyak Opsi

Meski diperbolehkan untuk mengganti sebanyak 10 pemain, namun setiap tim hanya boleh melakukannya dalam 2 kali kesempatan.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Format Pertandingan Bikin Timnas Indonesia U-21 Tak Punya Banyak Opsi
Tribun Sumsel/Haryanto Kurusetra
Legenda hidup timnas Spanyol dan Real Madrid, Raul Gonzales bersiap melakukan kick off pembukaan Cotif Tournament di Alcudia Spanyol, Minggu (10/8/2014) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Sumsel, Haryanto Kurusetra

TRIBUNNEWS.COM, SPANYOL - Cotif Tournament di Alcudia Spanyol untuk kategori U20, punya format pertandingan 2x35 menit dengan regulasi pergantian pemain yang cukup unik. Meski diperbolehkan untuk mengganti sebanyak 10 pemain, namun setiap tim hanya boleh melakukannya dalam 2 kali kesempatan.

“Tim-tim dengan materi pemain yang banyak seperti Argentina dan Brasil di setiap laga bisa memainkan dua tim yang berbeda,” ujar pelatih kepala Timnas U21, Rudy William Keltjes saat dihubungi usai pembukaan acara.

Untuk tim Indonesia sendiri, menurutnya peraturan tersebut tidak akan terlalu berpengaruh. Pasalnya, dengan persiapan yang sangat mepet dan hanya membawa 18 pemain ke Spanyol, dirinya memang tidak terlalu memiliki banyak pilihan di setiap laga.

“Bayangkan kami hanya memiliki 1 pemain cadangan untuk lini belakang, jadi jika salah satu stopper cedera itu akan menjadi masalah yang cukup besar. Karena itu sejak awal TC di Sawangan saya sudah menyiapkan pemain untuk dapat bermain di 2 posisi dengan sama baiknya,” tambahnya.

Format pergantian yang memungkinkan tim untuk mengganti 10 pemain secara sekaligus juga diakuinya sedikit merugikan tim Indonesia.

“Lawan bisa saja mengganti seluruh tim saat kondisi fisik menurun atau untuk kepentingan strategi. Tapi apapun itu, pemain sudah siap bermain dan menunjukkan kemampuan terbaiknya,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Sumsel
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas