Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Afellay Langsung Buat Gol dan Asis Usai Absen Dua Tahun di Timnas Belanda

Timnas Belanda bangkit di match day kedua Grup A kualifikasi EURO 2016 dengan mengalahkan Kazakhstan 3-1

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Afellay Langsung Buat Gol dan Asis Usai Absen Dua Tahun di Timnas Belanda
sportsmole.co.uk
Selebrasi Ibrahim Afellay usai mencetak gol buat Belanda. Tampak ia dipeluk striker Belanda, Klaas Jan Huntellar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, AMSTERDAM - Timnas Belanda bangkit di match day kedua Grup A kualifikasi EURO 2016 dengan mengalahkan Kazakhstan 3-1 di Amsterdam Arena, Sabtu (11/10) dinihari.

Ini merupakan raihan tiga poin pertama, setelah menderita kekalahan 1-2 atas Republik Ceko di laga perdana pada bulan lalu.

Ibrahim Afellay menginspirasi permainan Oranje. Setelah absen selama dua tahun, dia menjawab kepercayaan yang diberikan pelatih Guus Hiddink. Afellay mencetak gol dan asis.

Selain itu, pemain Barcelona yang kini dipinjamkan di klub Olympiakos Piareus itu juga menjadi motor serangan tim dengan membuat 130 passing (95 persen sukses).  

Kazakhstan sempat unggul melalui Renat Abdulin ketika laga berlangsung 17 menit. Namun, Belanda mampu membalikkan keadaan melalui aksi cemerlang Afellay.

Di laga itu, pemain berusia 28 tahun itu memegang tiga momen kunci kebangkitan semifinalis Piala Dunia 2014. Pertama, memulai skema gol yang dicetak Klaas Jan Huntellar di menit ke-62.

BERITA TERKAIT

Kemudian, momen saat Afellay dilanggar oleh Baurzhan Dzhochiyev yang membuat pemain itu di kartu merah di menit ke-64. Lalu pemain kelahiran Utrecht itu mencetak gol kedua bagi tim tuan rumah di menit ke-82. Robin van Persie menggenapi kemenangan Belanda menjadi 3-1 setelah mencetak gol melalui tendangan penalti di menit ke-89.

“Ini malam yang tidak akan saya lupakan. Saya memainkan peran penting di tiga momen penting. Saya sempat memiliki masa sulit, jadi sangat menyenangkan bisa kembali bermain di laga seperti ini. Pada awalnya, saya tidak terlalu nyetel dengan permainan tim, tetapi saya sadar jika saya tidak seharusnya menyia-yiakan kebugaran,” kata Afellay di UEFA.

Hasil di pertandingan melawan Kazakhstan meningkatkan kepercayaan pemain yang mengawali karier di klub PSV Eindhoven itu.

“Bermain lagi untuk Belanda setelah absen dua tahun membuat saya merasa bahagia. Apalagi setelah meraih kemenangan penting seperti ini,” ujar pemain yang telah mencetak enam gol dari 45 laga di tim berjuluk The Flying Dutchmen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas