Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Belanda vs Islandia: Ada Tekanan di Amsterdam

Senang bisa merumput lagi di sini. Partai ini akan menjadi momen pembuktian kalau tim ini punya gairah tinggi

Penulis: Nurfahmi Budi
Editor: Husein Sanusi
zoom-in Belanda vs Islandia: Ada Tekanan di Amsterdam
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Pemain Tim Nasional Indonesia, Toni Sucipto (depan) melewati para pemain Timnas Belanda yang tengah merayakan golnya ke gawang Indonesia dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (7/6/2013). Timnas Indonesia akhirnya takluk 0-3 dari Timnas Belanda lewat 2 gol dari Siem de Jong dan Arjen Robben. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM - Belanda mendapat tekanan besar kala menjamu Islandia, pada Matchday 7 Kualifikasi Euro 2016 Grup A, Jumat (4/9) di Amsterdam Arena, Amsterdam. Tuan rumah wajib mendapatkan tiga angka jika ingin membuka kesempatan untuk lolos langsung ke putaran final.

Sekali hasil seri dalam empat partai terakhir, bisa membuat peringkat tiga Piala Dunia 2014 tersebut bersusah payah untuk menuju putaran final tahun depan. Beruntung, saat menjamu tim asal Negeri Salju tersebut, Pelatih Danny Blind memiliki skuat nyaris sempurna.

Blind memanggil skuat terbaik yang beredar di seantero Eropa. Beberapa di antara mereka justru datang dengan membawa semangat masa lalu kala membela si empunya stadion, Ajax Amsterdam. Kebetulan, sebagian besar armada Der Oranye juga sempat berkarier di sana. Beberapa di antaranya juga masih berbaju klub tradisional Negeri Kincir Angin tersebut.

Tak heran, bagi para pemain yang berasal dari Ajax, partai kali ini tak bisa dilewatkan begitu saja. Mereka harus berjibaku jika tak ingin mendapat ‘godam’ di bekas rumah sendiri. Pelatih Danny Blind, yang pernah berkostum Ajax dalam periode 1986–1999 merasakan adanya tekanan terhadap situasi tersebut.

“Partai ini memang istimewa, bukan saja menjadi krusial bagi perjuangan kami ke Prancis tahun depan, juga sarat gengsi karena saya berada di bangku cadangan tim yang pernah membesarkan namaku. Kami tak ingin melewatkan laga ini, begitu juga hasrat seluruh pemain, termasuk yang berasal dari Ajax,” tuturnya di De Telegraaf, kemarin.

Selain Blind, setidaknya ada delapan pemain timnas Belanda yang pernah dan sedang bergabung dengan kubu Ajax. Mereka antara lain kiper utama Jasper Cillessen, bek kanan Gregory Kurtley van der Wiel, gelandang bertahan sekaligus bek kiri Daley Blind, Jaïro Riedewald, Vurnon Anita, playmaker Wesley Sneijder, Davy Klaassen dan bomber Klaas-Jan Huntelaar.

Blind merasa senang, karena beberapa dari eks dan penggawa Ajax tersebut sedang berada dalam kondisi terbaik. Setidaknya ada Daley Blind, Wesley Sneijder dan bomber Klaas-Jan Huntelaar, yang memiliki kans untuk menjadi pemain kunci Belanda saat menjamu Islandia.

BERITA TERKAIT

“Senang bisa merumput lagi di sini. Partai ini akan menjadi momen pembuktian kalau tim ini punya gairah tinggi dan akan bangkit setelah statistik tak mengenakkan usai ajang Piala Dunia 2014. Teman-temanku sangat termotivasi, dan ini kondisi bagus untuk tim,” sebut Blind.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas