Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Macedonia vs Spanyol: Saatnya Diego Costa Bungkam Kritikan

“Pergerakannya sangat baik. Dan dia membuat bek lawan kerepotan. Yang kami butuhkan sekarang hanya bersabar,

Penulis: Willem Jonata
Editor: Husein Sanusi
zoom-in Macedonia vs Spanyol: Saatnya Diego Costa Bungkam Kritikan
gettyimages.ie
Diego Costa 

TRIBUNNEWS.COM - Striker Diego Costa menuai kritik. Penyerang asal klub Chelsea itu lagi-lagi gagal mencetak gol buat timnas Spanyol. Kali ini saat hadapi Slovakia dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2016 Grup C. Hal itu memperpanjang catatan buruknya sejak membela La Furia Roja. Ia hanya mencetak satu gol dari tujuh laga. Ia seperti kehilangan sentuhan dan ketajamannya saat berseragam Atletico Madrid dan Chelsea di musim pertamanya.

Costa harus segera bangkit saat Spanyol melawan Macedonia, Rabu (9/9/2015) pukul 01.45 dini hari WIB nanti. Laga ini akan disiarkan langsung Global TV.
Pukul 01.45 WIB

Jelas Del Bosque kecewa. Sebagai pelatih ia akan sangat senang apabila pemain yang dipercaya sebagai ujung tombak di lini depan mencetak gol. Tapi Costa gagal memenuhi harapan tersebut. Meski begitu, Del Bosque tetap membelanya ketika meladeni wawancara media.

Ajang pembelaan bakal terlihat saat Spanyol bertandang ke Macedonia, dini hari nanti, di Stadion Philip II Arena, Skopje. Di venue ini, Costa bakal mendapat tempat untuk melakukan pembelaan.

“Tapi, menghadapi tim yang menerapkan strategi bertahan, pemain yang paling kesulitan menjalankan pekerjaannya adalah pemain yang ditempatkan di posisinya (Costa),” terang Del bosque dikutip dari espnfc.com.

Setidaknya, lanjut Del Bosque, Costa bermain cukup baik. Ia punya andil besar terjadinya gol kedua yang diciptakan Andres Iniesta lewat titik putih. Wasit memberi hadiah penalti kepada spanyol karena pemain belakang Slovakia menjegal Costa di kotak terlarang.

“Pergerakannya sangat baik. Dan dia membuat bek lawan kerepotan. Yang kami butuhkan sekarang hanya bersabar,” lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Costa membutuhkan waktu beradaptasi bersama timnas Spanyol menyusul rentetan cedera yang dialaminya. Musim lalu merupakan momen yang tak menguntungkan. Ia absen membela Chelsea sebanyak enam pertandingan. Hal itu membuatnya gagal bersaing memperebutkan predikat topskor bersama Sergio Aguero dan Harry Kane. Golnya mentok di angka 20. Karena cedera pula ia kehilangan kesempatan untuk membela timnas Spanyol.

Del Bosque bukan satu-satunya yang membela Costa. Pedro rekan setimnya di Chelsea maupun timnas Spanyol juga memberikan pernyataan senada. “Saya rasa Costa bermain bagus buat timnas. Masalahnya hanyalah dia kurang beruntung karena belum bisa mencetak gol. Tapi dia menciptakan ruang buat tim. Dia memberi solusi buat tim menciptakan gol,” terang Pedro.

Masalah Costa dalam skuat timnas bukan terjadi baru-baru ini. Tahun lalu ia juga bermasalah dengan ketajamannya. Terutama saat Piala Dunia 2014 Brasil. Ia sama sekali tak mencatatkan namanya di papan skor. Keadaan tambah buruk karena Spanyol di luar dugaan gugur di babak penyisihan grup setelah menelan dua kekalahan dari Belanda dan Cile. Yang mengejutkan adalah saat Spanyol dibantai 5-1 oleh Belanda.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas