Superskor

soccer star

Neuer Sadari Keberaniannya Sebagai Kiper Berisiko

euer mengaku selalu ada risiko saat dirinya memutuskan keluar dari kotak penalti untuk melakukan intersep.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Husein Sanusi
Neuer Sadari Keberaniannya Sebagai Kiper Berisiko
Gettyimages
Manuel Neuer dan Pep Guardiola sebelum laga FC Porto vs Bayern Muenchen 

TRIBUNNEWS.COM - Keluar dari kotak penalti sebenarnya adalah hal yang sangat berbahaya jika dilakukan seorang kiper. Mulai dari kebobolan hingga mendapat kartu merah, adalah risiko yang harus dihadapi seorang kiper jika memutuskan keluar dari ‘sarangnya’.

Dalam wawancara bersama FIFA beberapa waktu lalu, Neuer mengaku selalu ada risiko saat dirinya memutuskan keluar dari kotak penalti untuk melakukan intersep. Namun ia tak akan punya kesempatan untuk melakukan penyelamatan jika masih dibayangi rasa ragu-ragu.

“Kamu tentu harus membuat keputusan yang tepat dan yakin 100 persen. Saya tahu ada risiko dari keputusan saya yang bisa mengakibatkan kebobolan, penalti, atau kartu merah. Tapi saya tak punya kesempatan untuk melakukan penyelamatan jika saya ragu-ragu,” ujar Neuer.

Neuer juga memahami bahwa gaya bermainnya yang kerap keluar kotak penalti kerap dipandang aneh oleh banyak orang. Seperti saat dirinya memperkuat Jerman kala melawan Aljazair di Piala Dunia 2014. Namun, bagi mereka yang biasa menyaksikan pertandingan Bundesliga, Neuer merasa orang-orang itu tak akan merasa aneh melihat gaya bermainnya.

“Babak 16 besar melawan Aljazair terpatri dalam ingatan karena saya harus sering keluar dari area saya dan bermain seperti pemain non kiper. Itu menarik perhatian orang yang tidak tahu banyak tentang saya sebelumnya. Siapa pun yang menyaksikan Bundesliga akan menyadari beberapa cara saya memainkan peran. Saya harus mengambil risiko melawan Aljazair karena itu sesuai (tuntutan) pertandingan. Kami bermain menyerang dan Aljazair mengandalkan kecepatan pemainnya untuk melakukan serangan balik,” jelasnya.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Manchester City
21
17
2
2
53
13
40
53
2
Chelsea
21
12
7
2
45
16
29
43
3
Liverpool
20
12
6
2
52
18
34
42
4
West Ham
21
11
4
6
39
27
12
37
5
Arsenal
20
11
2
7
33
25
8
35
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas