Superskor

Liga Europa

Tottenham vs Dortmund: Bermimpi Meniru Club Brugge

Mereka terinspirasi dengan kebangkitan tim asal Belgia, Club Brugge pada 1987 ketika membalikkan keadaan dari tertinggal 0-3 dari Dortmund

Penulis: Muhammad Barir
Editor: Husein Sanusi
Tottenham vs Dortmund: Bermimpi Meniru Club Brugge
Twitter
Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane 

TRIBUNNEWS.COM - Borussia Dortmund telah menempatkan satu kaki mereka untuk melangkah ke babak perempatfinal Liga Eropa setelah mereka menang 3-0 atas Tottenham Hotspur pada laga leg pertama. Namun Spurs berusaha bangkit dan membalikkan keadaan.

Mereka terinspirasi dengan kebangkitan tim asal Belgia, Club Brugge pada 1987 ketika membalikkan keadaan dari tertinggal 0-3 dari Dortmund di leg pertama.

Laga leg Kedua Babak 16 Besar Liga Eropa antara Spurs melawan Dortmund akan digelar di White Hart pada Jumat (18/3).

Dortmund hanya sekali gagal lolos dalam pertandingan Eropa setelah mereka memenangkan leg pertama di kandang. Itu terjadi ketika mereka kalah dari Club Brugge, musuh bebuyutan Dortmund di Piala UEFA musim 1987-88.

Pada kesempatan itu, klub asal Belgia lolos perempatfinal dengan keunggulan 5-3 setelah perpanjangan waktu untuk menyingkirkan Dortmund. Sebuah catatan yang bisa menjadi inspirasi bagi Tottenham untuk bisa ditiru agar mereka lolos perempat final.

Dortmund menang 3-0 atas Spurs di Signal Iduna Park. Pierre Emerick Aubameyang menyumbang 1 gol dan Marco Reus mencetak dua gol pada laga itu.

Selain itu, Dortmund juga belum terkalahkan usai laga itu. Mereka meraih kemenangan 2-0 melawan Mainz di Bundesliga pada hari Minggu, yang dibayangi oleh kematian seorang penonton yang mengalami serangan jantung.

Pelatih Thomas Tuchel senang dengan bagaimana Dortmund mengatasi jadwal yang sangat sibuk.

"Kami telah menghasilkan pertandingan yang luar biasa untuk minggu sekarang. Mendominasi dan mengalahkan Mainz dengan cara yang kita lakukan dan dalam performa saat ini, lebih dari yang saya minta," katanya.

Kekalahan Spurs di leg pertama adalah kekalahan terbesar mereka dalam 137 pertandingan Piala UEFA dan Liga Europa dan merupakan bagian dari tiga pertandingan tanpa kemenangan di semua kompetisi.

Bos Mauricio Pochettino menuai kritik karena membuat perubahan di leg pertama, tapi pria asal Argentina yang timnya berada di urutan kedua di Liga Premier itu mengaku punya bekal yang membuat timnya percaya diri. Setelah mereka mengalahkan Aston Villa pada liga domestik untuk menjaga ambisi meraih gelar juara.

Pemain belakang Kyle Walker berharap kemenangan 2-0 atas Aston Villa bisa membuat tim Spurs kompak lagi menghadapi Dortmund.

"Mudah-mudahan kita bisa memulai musim ini lagi dengan hasil seperti ini terus," katanya kepada situs resmi Tottenham.

"Ini Semua tergantung kepada kita, pada setiap pertandingan kami tahu kami memiliki kualitas pemain yang cukup di ruang ganti, baik laga kandang maupun tandang."

Tottenham, tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan kandang Eropa, mereka tetap akan bermain tanpa Jan Vertonghen dan Clinton N'Jie (keduanya cedera lutut), sementara di tim Dortmund, Ilkay Gundogan dan Sven Bender (cedera kaki) diragukan untuk tampil.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas