Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Jangan Pandang Remeh Irlandia Utara di Euro 2016

"Ada pemainpemain yang telah melalui 10 pertandingan tanpa kemenangan dan bermain dalam masamasa sulit. Kami sekarang berada dalam momen ini.

Editor: Husein Sanusi
zoom-in Jangan Pandang Remeh Irlandia Utara di Euro 2016
net
Timnas Irlandia 

TRIBUNNEWS.COM - Irlandia Utara membuktikan mereka tidak bisa dipandang sebelah mata di gelaran Piala Eropa 2016 nanti. Skuat asuhan Michael O'Neill baru saja menorehkan rekor baru dalam hal catatan tak terkalahkan.

Pada pertandingan persahabatan kontra Slovenia di Windsor Park, Belfast, Selasa (29/3) dini hari, Conor Washington mencetak gol semata wayang kemenangan Norn Iron atas tim asuhan Srečko Katanec tersebut. Gol penyerang berusia 23 tahun itu tercipta pada menit ke-41.

Hebatnya, striker klub Queens Park Rangers itu mencetak gol dengan gaya bertarung bangsa Irlandia Utara. Memanfaatkan otot-otot tubuhnya, Washington beradu fisik dengan Miral Samardzic, dan memperdaya Bostjan Cesar, sebelum melepaskan tembakan mendatar menjebol gawang yang dikawal Jan Oblak.

Kemenangan atas Slovenia ini membuat Irlandia Utara kini mencatatkan rekor baru. Mereka memperpanjang rekor tak terkalahkan menjadi sepuluh laga berturut-turut, dengan lima kali kemenangan dan lima kali imbang. Terakhir kali Irlandia Utara menelan kekalahan saat takluk 0-1 dari Skotlandia di laga persahabatan Maret 2015.

Bagi Jonny Evans dan kawankawan, ini sebuah rekor baru. Mereka mematahkan rekor sebelumnya, yaitu sembilan laga beruntun tanpa kalah dalam perjalanan menuju putaran final Piala Dunia 1986. Saat itu, Irlandia Utara dilatih Billy Bingham. "Itu sangat bagus untuk para pemain," ujar manajer Irlandia Utara, Michael O'Neill dikutip Sky Sports.

Irlandia Utara adalah salah satu tim debutan di putaran final Piala Eropa 2016. Piala Eropa 2016 juga menjadi turnamen besar pertama mereka sejak Piala Dunia 1986. Di Piala Eropa 2016, Irlandia Utara masuk Grup C bersama Jerman, Ukraina, dan Polandia.

 Sebagian besar pemain Irlandia Utara bermain di klub klub Inggris, kebanyakan di divisi bawah. Carroll yang pernah jadi kiper cadangan MU, bahkan sekarang merumput di League Two (divisi empat) bersama Notts County. 

BERITA TERKAIT

Selain Carroll, pemain Irlandia Utara yang cukup terkenal antara lain Jonny Evans (West Bromwich Albion), Gareth McAuley (West Bromwich Albion), Paddy McNair (Manchester United), dan Steven Davis (Southampton). 

"Ada pemainpemain yang telah melalui 10 pertandingan tanpa kemenangan dan bermain dalam masamasa sulit. Kami sekarang berada dalam momen ini. Kami ingin ini terus berlanjut selama mungkin," kata O'Neill.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas