Superskor

Liga Europa

Dortmund vs Liverpool: Perang Mental Klopp

Ia justru khawatir Klopp akan memanfaatkan kemahirannya dalam bermain perang mental untuk menina-bobokan para pemain

Penulis: Deny Budiman
Editor: Husein Sanusi
Dortmund vs Liverpool: Perang Mental Klopp
MIRROR.CO.UK
Goetze, Klopp, dan Jonas 

TRIBUNNEWS.COM - Juergen Klopp dikenal sebagai pakarnya dalam perang mental. Pelatih Liverpool ini juga dicurigai akan menerapkan perang mental saat berlaga melawan mantan klubnya, Borussia Dortmund pada leg pertama perempatfinal Liga Eropa di Signal Iduna Park, Jumat (8/4).

Dalam penilaian CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, reuni penuh emosional untuk Klopp hanyalah sebuah judul yang bagus untuk headline berita, tapi tak berlaku dalam realitas.

Ia justru khawatir Klopp akan memanfaatkan kemahirannya dalam bermain perang mental untuk menina-bobokan para pemain dan pendukung Dortmund.

"Di atas segalanya, saya khawatir Klopp akan meninabobokan kita ke dalam rasa aman yang palsu, dan ia dengan caranya sendiri akan menarik simpati para pendukung kita hingga laga ini nantinya akan terasa seperti sebuah laga persahabatan," ujarnya dikutip dari Bild.

Lebih lanjut, sang CEO menegaskan, "Saya ingin para fan memperlihatkan rasa hormat mereka kepada Juergen setelah pertandingan, dan bukan sebelum atau selama pertandingan," katanya.

Bagaimana pun, ini memang akan jadi perjalanan pulang pertama Klopp ke stadion dimana ia pernah memenangi dua kali gelar juara Bundesliga pada musim 2010-11, dan 2011-12, sebelum menggapai final Liga Champions 2013 dimana mereka kalah dari rival senegara, Bayern Muenchen.

Namun bulan madu Klopp dengan klubnya memudar musim lalu, dimana performa Dortmund terus melorot. Bahkan, mereka pernah merasakan berada di dasar klasemen.

Klopp mundur di akhir musim 2014-15, diganti dengan Thomas Tuchel. Mantan pelatih Mainz ini sukses mendongkrak lagi performa Dortmund hingga kini jadi runner-up Bundesliga di bawah Bayern Muenchen dengan selisih lima poin untuk lima laga tersisa.

Klopp dan Tuchel pernah sepuluh kali berduel saat menukangi Dortmund dan Mainz. Hasilnya, dalam pertemuan antara 2009 dan 2004 itu, Klopp sukses menang tujuh kali, dan hanya pernah sekali kalah.

Dortmund sejauh ini tampil meyakinkan di level Liga Eropa. Sejak mulai bertarung Juli lalu, mereka hanya kalah dua kali dari 14 laga.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas