Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Panggungnya Ricardo Quaresma

Cristiano Ronaldo datang dan Portugal menang besar. Mungkin itulah headline yang tertulis di beberapa media Portugal.

zoom-in Panggungnya Ricardo Quaresma
afp/getty/dailymail
Penyerang Portugal, Ricardo Quaresma (merah) berusaha lepas dari sergapan pemain Estonia. 

TRIBUNNEWS.COM, LISBON - Cristiano Ronaldo datang dan Portugal menang besar. Mungkin itulah headline yang tertulis di beberapa media Portugal.

Memang peran Ronaldo sanbat vital bagi timnas Portugal, tapi di laga uji coba terakhir melawan Estonia, di Stadion do Sport Lisboa e Benfica Da Luz, Lisbon, Kamis (9/6) dini hari WIB, yang menjadi bintang lapangan adalah Ricardo Quaresma.

Ronaldo yang sempat absen pada dua laga uji coba sebelumnya menghadapi Norwegia dan Inggris, menyumbang dua gol. Namun, Ricardo Quaresma menjadi bintang utama kemenangan Portugal pada laga ini berkat dua gol dan 5 assist fantastisnya. Laga melawan Estonia  benar-benar jadi panggungnya Quaresma.

Peran Quaresma di laga yang berakhir dengan kemenangan 7-0 tersebut sangat menonjol ketimbang Ronaldo. Ini bisa dibuktikan saat pelatih Portugal, Fernando Santos, menarik Ronaldo di babak kedua, namun permainan Portugal masih tetap hidup karena di lapangan masih ada Quaresma.

Pada laga ini, Portugal tampil sangat mendominasi. Mereka memiliki 64 persen penguasaan bola dan melepaskan 22 tembakan, di mana sepuluh di antaranya tepat sasaran, berbanding tiga peluang milik Estonia. Ronaldo membuka keunggulan timnya pada menit ke-36.

Memanfaatkan umpan silang Ricardo Quaresma, sundulan ikon Real Madrid itu bersarang di pojok kanan atas gawang Estonia. Umpan yang dilepas Quaresma sangat brilian. Dia melepaskan umpan dengan tendangan efek kaki kanan dari sayap kiri. Umpannya melengkung dan tepat di kepala Ronaldo.

Tiga menit berselang, Quaresma mencatatkan namanya di papan skor. Lagi-lagi gol tercipta lewat tendangan indah pemain bernomor punggung 20 ini. Dari sektor sayap kiri, Quaresma melakukan chip shot dari luar kotak penalti. Bola melewati kepala kiper Estonia, Pavel Londak, dan mendarat di jaring tiang jauh.

BERITA REKOMENDASI

Menutup babak pertama, aksi tikitaka Joao Mario dan Ronaldo berbuah gol ketiga Portugal. Ronaldo mencetak gol keduanya di laga tersebut lewat chip shot memanfaatkan umpan terukur Joao.

Pada babak kedua, Ronaldo ditarik keluar oleh Fernando Santos. Ketiadaan sang kapten tak terlalu memengaruhi permainan Portugal karena penampilan Quaresma sedang bagus-bagusnya. Pemain Besiktas ini kembali menjadi kreator gol Portugal. Umpan matang sepak pojoknya dituntaskan sundulan Danilo Pereira di mulut gawang menit 55.

Enam menit berselang, lagi-lagi bola tendangan efek dari Quaresma salah diantisipasi kiper lawan. Bola liar malah mengenai bek Estonia, Karol Mets, sehingga bola masuk ke gawangnya sendiri untuk mengubah skor menjadi 5-0 untuk Portugal.

Gol kedua Quaresma dilesakkan lewat skema serangan balik. Umpan terobosan Eder menit 77 berhasil dituntaskan lewat tendangan mendatar Quaresma di kotak penalti sebelah kiri pertahanan lawan. Bola meluncur keras ke tiang jauh tanpa bisa diantisipasi kiper.

Eder menutup kemenangan 7-0 Portugal pada menit 80 setelah menuntaskan umpan terobosan Andre Gomes di dalam kotak penalti. Kemenangan besar ini menjadi modal Portugal untuk berlaga di Prancis nanti. Berikutnya Portugal akan berhadapan dengan Islandia di laga pertama Grup F. 

 Susunan pemain

Portugal: 1-Rui Patricio, 4-Jose Fonte, 3-Pepe (6-Ricardo Carvalho 58'), 13-Danilo (14-William 70'), 5-Raphael Guerreiro 21-Cedric Soares (17-Nani 46'), 8-Joao Moutinho (16-Renato Sanches 58'), 15-Andre Gomes, 10-Joao Mario (9-Eder 59'), 20-Ricardo Quaresma, 7-Cristiano Ronaldo (11-Vierinha 46'). Pelatih: Fernando Santos

Estonia: 36-Pavel Londak, 15-Ragnar Klavan (27-Andreas Raudsepp 68'), 21-Nikita Baranov, 18-Karol Mets, 19-Ken Kallaste, 23-Taijo Teniste, 6-Aleksander Dmitrijev (11-Rauno Sappinen 63'), 16-Ilija Antonov, 5-Dmitri Kruglov (17-Pavel Marin 66'), 7-Sander Puri, 8-Henri Anier (14-Konstantin Vassilijev 70'). Pelatih: Magnus Pehrsson

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas