Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Tak Punya Pemain Bintang, Hungaria Andalkan Pemain Gaek

Kiraly dijuluki sebagai 'Manusia Piyama', karena kebiasaannya mengenakan baju longgar, plus celana olahraga abu-abu.

Editor: Husein Sanusi
zoom-in Tak Punya Pemain Bintang, Hungaria Andalkan Pemain Gaek
getty/dailymail
Para pemain Hungaria merayakan gol ke gawang Norwegia. 

TRIBUNNEWS.COM - Hungaria memang tak punya pemain bintang di Piala Eropa kali ini, tapi mereka punya pemain paling senior, yakni Gabor Kiraly, kiper yang sudah berumur 40 tahun.

Kiraly sudah membela Timnas Hungaria di 103 pertandingan, paling banyak dari pemain Hungaria lainnya. Meski bakal menjadi pemain tertua yang pernah berlaga di Piala Eropa, sebagian besar suporter Hungaria tahu bahwa Kiraly adalah pilihan terbaik untuk posisi penjaga gawang.

Kiraly dijuluki sebagai 'Manusia Piyama', karena kebiasaannya mengenakan baju longgar, plus celana olahraga abu-abu.

"Saya kiper, bukan seorang model top. Saya memakai pakaian seperti ini pada dasarnya demi kenyamanan. Saya selalu mengambil ukuran yang lebih besar, untuk memfasilitasi pergerakan saya," tutur kiper yang memperkuat klub Szombathelyi Haladas itu.

"Saya pernah mencoba memakai celana pendek selama bermain di Liga Jerman dan Inggris, tapi ternyata tidak cocok untuk saya. Hasil akhir lebih penting daripada penampilan Anda," imbuh kiper yang pernah bermain di Crystal Palace, West Ham United, Aston Villa, Burnley, Fulham, Bayer Leverkusen, dan 1860 Munich tersebut.

Terlepas dari usia dan cara berpakaiannya yang dianggap buruk, rekan satu tim dan pelatihnya selalu mengenal Király sebagai atlet yang serius.

"Bagi seorang bek, penting artinya punya kiper yang sangat berpengalaman untuk berada di belakangnya," ucap Mihaly Korhut, bek kiri Timnas Hungaria kepada EURO2016.com.

BERITA REKOMENDASI

"Dia sudah berumur 40 tahun, sehingga sudah bermain di banyak pertandingan. Meski begitu, bermain di Piala Eropa tetap menjadi pengalaman fantastis baginya, karena kami sudah lama tidak lolos ke final turnamen besar," tambah Korhut.

Hal senada dikatakan Richard Guzmics, juga bek Timnas Hungaria.

"Gabor kiper yang sangat berpengalaman, dan ia berlatih dengan cara yang bahkan tidak dilakukan oleh pemain muda. Dia sangat pandai membimbing kami di belakang. Dia memiliki kepribadian yang memerintah," cetusnya.

Opini yang paling jelas tentang Kiraly adalah dari Pelatih Timnas Hungaria Bernd Storck.

"Saya selalu mengatakan kepadanya bahwa usia tidak penting bagi saya. Saya tidak peduli apakah seorang pemain muda atau tua, yang penting dia harus bagus. Dan Gabor adalah pemain bagus dan luar biasa. Dia memancarkan kepercayaan diri. Kiper dengan aura dan karisma yang luar biasa. Dia akan membantu kami sukses di Piala Eropa," ujar Storck.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas