Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Forum Sumatera Minta Jatah Tiga Dari 12 Anggota Exco PSSI 2016-2020

Peneropongan terkait kelangsungan Kongres Pemilihan PSSI 2016 tentunya sudah dilakukan oleh elemen sepakbola nasional yang berkepentingan.

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Forum Sumatera Minta Jatah Tiga Dari 12 Anggota Exco PSSI 2016-2020
dok pribadi
Zulfahmi 

TRIBUNNEWS, COM. JAKARTA - Peneropongan terkait kelangsungan Kongres Pemilihan PSSI 2016 tentunya sudah dilakukan oleh elemen sepakbola nasional yang berkepentingan.

Termasuk tentunya 'pemetaan' dari struktur kepengurusan PSSI 2016-2020 tersebut.

Komposisi Exco PSSI 2016-2020 akan terdiri dari seorang ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota Komite Eksekutiv.




Ke-15 figur tersebut akan ditentukan atau dipilih melalui Kongres Pemilihan 17 Oktober 2016 di Makassar, Sulsel.

Stakeholders sepakbola nasional saat ini tentunya sudah memilah-milah apa yang terbaik untuk kepengurusan PSSI nanti, termasuk tentunya figur-figur Exco yang menjadi pilihan. Demikian halnya dengan kelompok pemilik suara yang tergabung dalam Forum Sumatera.

Selama ini, Forum Sumatera yang terbagi atas tiga koordinatoriat, baru menetapkan pilihannya pada sosok Eddy Rachmayadi sebagai bakal calon (balon) ketum.

Untuk posisi lainnnya, belum. Belakangan, Forum Sumatera menetapkan tiga figur lainnya untuk formasi anggota Exco.

BERITA TERKAIT

Zulfahmi, Sekum Asprov PSSI Riau yang menjadi jubir Forum Sumatera, menyatakan, wajarlah jika Forum Sumatera yang memiliki 26 voters mengusulkan tiga calon Exco.

"Forum Sumatera termasuk yang terbanyak jumlah votersnya dibandingkan wilayah lain," jelas Zulfahmi, Kasatpol PP Riau itui, Selasa (23/8) siang.

Tiga balon anggota Exco yang diperjuangkan Forum Sumatera tersebut, yakni Refrizal, Juni Ardianto Rachman, dan Muddai Maddang, nantinya akan didaftarkan oleh ke-26 pemilik suara.

Disinggung tidak adanya nama Hadiyandra dalam komposisi tiga balon Exco untuk PSSI 2016-2020 itu, Zulfahmi menyatakan bahwa penetapan tiga nama itu berdasarkan kesepakatan pada pertemuan Forum Sumatera.

"Mungkin Pak Hadiyandra ingin lebih fokus di daerah saja," kata Zulfahmi.

Hadiyandra adalah salah satu anggota Exco PSSI 2014-2018 yang diketuai oleh La Nyalla Mattalitti. Kepengurusan PSSI 2014-2018 itu habis berlakunya bertepatan dengan Kongres Pemilihan 17 Oktober 2016 nanti.

Hadiyandra, dari Asprov Jambi, adalah salah satu koordinator Forum Sumatera. Koordinator lainnya adalah Augie Benyamin (Asprov Sumsel) dan Tengku Indra (Asprov Sumut).

"Seluruh voters di Forum Sumatera sudah tahu bahwa pendaftaran untuk Exco itu sudah dapat dilakukan sejak Senin (22/8) hingga 5 September nanti. Pengajuan nama-nama balon ketum dan tiga anggota Exco itu dilakukan melalui formulir pendaftaran masing-masing," ucap Zulfahmi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas