Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pembatasan Usia Pemain Bikin Pemain U-23 Jadi Rebutan

Diakui Manajemen Madura United, ketetapan tersebut sedikit membatasi tim pelatih dan manajemen untuk mengotak atik komposisi pemain

Editor: Husein Sanusi
zoom-in Pembatasan Usia Pemain Bikin Pemain U-23 Jadi Rebutan
ist
Haruna Soemitro 

TRIBUNNEWS.COM, PAMEKASAN - Regulasi pembatasan usia pemain dan keberadaan pemain U23 dengan status menjadi starting yang merupakan ketetapan hasil kongres PSSI dipastikan akan menghambat Madura United untuk berimprovisasi.

Diakui Manajemen Madura United, ketetapan tersebut sedikit membatasi tim pelatih dan manajemen untuk mengotak atik komposisi pemain untuk musim 2017 ini.

"Jujur ini menghambat improvisasi tim dalam mempersiapkan kompetisi. Dipastikan akan banyak perebutan pemain usia 23 tahun dengan peraturan tersebut," kata Haruna Soemitro Manajer Madura United, Senin (9/1/2017).

Menurut Haruna, hal ini bertolak belakang dengan apa yang dicari oleh tim-tim yang mengikuti ISL musim ini, sebab kebanyakan tim tidak mau mengambil resiko dengan memainkan pemain muda yang kurang profesional dan dengan jam terbang yang kurang.

"Sebagian tim memang bisa mempromosikan pemain U21, tetapi kesiapan mereka butuh tahapan panjang.

Dipastikan setiap tim dalam menjalani kompetisi ISL akan memilih dan membutuhkan pemain yang sudah matang dan siap menjalani pertandingan yang sangat ketat," ujarnya.

Pihaknya menilai regulasi ini memiliki sisi positif disisi regenerasi pemain untuk jangka panjang namun dari sisi karir pemain akan menyulitkan dan akan memutuskan mata pencarian pemain usia diatas yang telah ditetapkan.

BERITA TERKAIT

"Memang sangat bagus bagi lahirnya pesepakbola-pesepakbola profesional ke depan. Tetapi, pembatasan usia maksimal 35 tahun, sama halnya membatasi karir pemain. Karena banyak pemain di usia tersebut masih sangat dibutuhkan timnya," terangnya.

Untuk itu, manajemen Madura mengharapkan agar regulasi terkait pembatasan usia harus dimatangkan kembali oleh regulator kompetisi agar pelaksanaan kompetisi lebih berkualitas.

Seperti yang diketahui dalam kongres PSSI, Minggu (8/1/2017) kemarin sempat membahas terkait ketetapan pembatasan usia untuk pemain.

Nantinya pemain yang berusia diatas 35 tahun dalam satu tim hanya diperbolehkan dua pemain saja, untuk penggunaan pemain muda di bawah usia 23 tahun diharuskan tiap klub memiliki lima pemain.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas