Superskor

Soccer Star

Benarkah Ponaryo Astaman Pensiun dari Pesepak Bola Musim Ini?

Pesepak bola berusia 37 tahun itu kabarnya akan mengambil lisensi pelatih A AFC pada 21 Agustus 2017 yang kebetulan di Sawangan, Depok, Jawa Barat

Editor: Husein Sanusi
zoom-in Benarkah Ponaryo Astaman Pensiun dari Pesepak Bola Musim Ini?
Super Ball/Feri Setiawan
Pesepakbola Indonesia, Ponaryo Astaman dalam jumpa pers dan pembukaan Fisik Football di Daan Mogot, Jakarta, Jumat (29/1/2016) Toko dengan luas area lebih dari 200 meter persegi itu sudah diakui sebagai "multibrand football specialty" pertama di Indonesia. Merk-merk terkemuka bisa dengan mudah ditemui di antaranya Adidas, Nike, Mizuno, Puma, dan brand lokal Specs. Super Ball/Feri Setiawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gelandang Borneo FC, Ponaryo Astaman, dikabarkan akan mengakhiri karier sepak bolanya musim ini.

Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Borneo FC, Nabil Husein Said Amin, saat berbincang-bincang dengan BolaSport.com, Rabu (9/8/2017) sore WIB.

Nabil mengatakan Ponaryo memilih pensiun sebagai pesepak bola karena ingin menjadi pelatih.

Pesepak bola berusia 37 tahun itu kabarnya akan mengambil lisensi pelatih A AFC pada 21 Agustus 2017 yang kebetulan di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Pemain yang sudah malang melintang membela klub-klub di Indonesia itu akan mengikuti kursus kepelatihan ini bersama nama-nama yang lebih senior seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Nova Arianto, Francis Wewengkang, Seto Nurdiantoro dan Yeyen Tumena.

Ponaryo juga akan berada satu kelas dengan pelatih-pelatih lain yang sudah memiliki pengalaman seperti Nazal Mustofa, Salahudin, Yusuf Ekodono dan Herrie Setiawan.

"Ponaryo ingin pensiun musim ini, katanya dia mau melanjutkan kariernya sebagai pelatih," kata Nabil.

"Dia juga mau ambil lisensi kepelatihan A AFC karena sebelumnya sudah punya B AFC," sambung Nabil.

Setelah nantinya mendapatkan lisensi kepelatihan A AFC, Ponaryo langsung menjabat sebagai Asisten Pelatih Borneo FC.

Sebab, Ponaryo masih memiliki kontrak beberapa tahun lagi dengan Borneo FC.

"Jadi musim depan dia bisa menjadi Asisten Manajer Borneo FC terlebih dahulu karena dia punya kontrak tiga tahun lagi bersama kami," ucap Nabil.

Langkah yang dilakukan Ponaryo itu patut ditiru oleh pesepak bola lain yang memiliki usia mendekati 40 tahun.

Pasalnya, saat ini Indonesia kekurangan pelatih berlisensi dan tentunya bibit pemain muda di Tanah Air juga sulit berkembang dengan faktor tersebut.

Ponaryo masih berusia di bawah 40 tahun, namun kini sudah akan memiliki lisensi kepelatihan A AFC.

Ini menandakan bahwa Indonesia akan punya lebih banyak nama pelatih muda yang siap menangani sebuah tim di kompetisi teratas.

Tenaga baru dengan pengetahuan dan pengalaman yang lebih segar tentu akan sangat bagus untuk kemajuan sepak bola negeri ini.

"Iya saya akan ambil lisensi lagi, saat ini saya baru punya lisensi B AFC, doakan semoga bisa dapat lisensi A AFC," kata Ponaryo seperti di lansir dari laman resmi klub.

Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
PSM Makasar
11
7
4
0
20
6
14
25
2
Bali United
12
8
0
4
25
15
10
24
3
Borneo
11
7
2
2
26
14
12
23
4
Madura United
12
7
2
3
19
11
8
23
5
Persita
12
7
1
4
20
16
4
22
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas