Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Menpora Ambil Sikap Tegas Soal Gambar Bendera Indonesia Terbalik

Pada buku yang diterima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, warna merah pada bendera Indonesia justru berada di bagian bawah.

Penulis: Reynas Abdila
zoom-in Menpora Ambil Sikap Tegas Soal Gambar Bendera Indonesia Terbalik
tribunnews
Bendera negara Republik Indonesia terbalik di buku panduan yang diberikan kepada seluruh tamu undangan pembukaan SEA Games 2017. 

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017) berlangsung meriah.

Permainan tata cahaya menjadi awal pembuka SEA Games ke-29 tersebut.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi menghadiri pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017). Menpora didampingi sang istri Shobibah Rohmah.
Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi menghadiri pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017). Menpora didampingi sang istri Shobibah Rohmah. (Dok. Kemenpora)

Ketika nama Indonesia disebut, seluruh penonton yang hadir, termasuk warga Malaysia bergemuruh.




Mereka menyambut hangat kedatangan kontingen Indonesia yang dipimpin atlet renang Indonesia, I Gede Saman Sudartawa.

Sayang, pembukaan SEA Games ke-29 di Malaysia tercoreng dengan gambar bendera Indonesia terbalik.

Pada buku yang diterima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, warna merah pada bendera Indonesia justru berada di bagian bawah.

Hal tersebut terkuak setelah Menpora, pada akun Twitter miliknya memposting foto sebuah buku yang diduga diterbitkan penyelenggara SEA Games, Sabtu (19/8).

BERITA TERKAIT

Menpora melalui jejaring sosial menyebut insiden tersebut merupakan keteledoran yang menyakitkan Bangsa Indonesia.

Pemerintah Indonesia akan mengajukan protes kepada Panitia Penyelenggara SEA Games (MASOC) sehubungan dengan bentuk bendera Indonesia yang terpampang di buku panduan SEA Games XXIX.

Pada Majalah yang dimasukkan dakam goodiebag souvenir pembukaan SEA Games XXiX di halaman 80 terpampang bendera dalam bentuk kotak tanda panah berwarna Putih Merah.

"Saya kaget setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik di buku panduan SEA Games XXIX," ujar Imam Nahrawi usai menyaksikan Pembukaan SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8) malam.

Lebih lanjut, Imam mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Menko PMK untuk langkah selanjutnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas