Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Libatkan 1221 Santri Milenials, Alumni Gontor Bersatu KOMAS Hingga Forbis Sukseskan IKPM Futsal Cup

Laga perempatfinal, semifinal dan final IKPM Futsal Championship hari itu memang digelar sehari penuh dari pagi hingga sore.

Penulis: Husein Sanusi
zoom-in Libatkan 1221 Santri Milenials, Alumni Gontor Bersatu KOMAS Hingga Forbis Sukseskan IKPM Futsal Cup
Husein Sanusi/Tribunnews.com
Penyerahan Piala IKPM Futsal Championship oleh Pimpinan Pondok Modern Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal, kepada juara 1, Nusantara FC mewakili IKPM Bandung Raya. 

TRIBUNNEWS.COM, GONTOR - Suasana di jantung kampus Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jumat (7/12/2018) kemarin begitu ramai.

Tak seperti biasanya, lapangan depan aula BPPM dan pelataran Masjid Jami Gontor yang hari-harinya ramai dengan suasana santri belajar hari itu berubah menjadi arena lapangan futsal megah bak stadion.

Suara yel- yel menyanyikan chants ala suporter klub sepakbola menggema dengan tabuhan genderang. Atmosfer pertandingan berasa seperti nonton pertandingan Premier League Inggris karena komentator menyiarkan laga dengan bahasa Inggris khas santri Gontor.




Ya, Laga perempatfinal, semifinal dan final IKPM Futsal Championship hari itu memang digelar sehari penuh dari pagi hingga sore.

Pengurus KOMAS, Komunitas mayarakat santri pose di arena Futsal IKPM Championship 2018
Pengurus KOMAS, Komunitas mayarakat santri pose di arena Futsal IKPM Championship 2018 (Husein Sanusi/Tribunnews.com)

Ini adalah laga pamungkas setelah beberapa waktu lalu laga penyisihan digelar serentak di beberapa regional kota-kota besar se-Indonesia

"Dari laga penyisihan hingga laga puncak kompetisi ini melibatkan 1221 santri alumni Gontor generasi milenials. Mereka adalah alumni-alumni muda yang punya hobi main bola tapi memiliki cinta yang besar pada pondoknya," kata ketua panitia pelaksana, Danie Hariyanto.

IKPM Futsal Championship 2018 yang digelar perdana ini memang gegap gempita se-nusantara bahkan hingga Negeri Jiran Malaysia yang berhasil menempatkan satu tim IKPM Malaysia melaju ke babak final tapi kalah.

Kompetisi antar santri alumni Gontor ini akhirnya dijuarai IKPM Bandung Raya (Nusantara FC) setelah mengalahkan IKPM Malaysia lewat laga yang berlangsung dramatis dan sempat dihentikan berpindah lapangan karena guyuran hujan.

Suasana lomba futsal IKPM Championship
Suasana lomba futsal IKPM Championship (Husein Sanusi/Tribunnews.com)
BERITA TERKAIT

Munif Attamimi menjelaskan kunci sukses dari perhelatan akbar perdana ini tidak lepas dari faktor bersatunya alumni Gontor generasi tua dan muda terutama generasi tua yang tergabung dalam organisasi Komunitas Masyarakat Santri (KOMAS) dan Forum Bisnis (Forbis) IKPM Gontor.

"Kami terharu dengan dukungan dari Pimpinan Pondok Gontor dan PP IKPM serta bantuan dari para sesepuh terutama Ustadz Shodiq (Bojonegoro), ketua dan pengurus KOMAS serta Forbis yang rela mengeluarkan dana untuk membiayai lomba ini. Event ini menjadi bukti jika alumni tua dan muda Gontor bersatu maka akan menghasilkan karya yang besar," ujar Munif.

Melihat animo yang besar di event ini tidak menutup kemungkinan event yang sama akan digelar lebih besar lagi bahkan hingga level internasional. Alumni Gontor berpotensi menggelar event olahraga besar skala internasional melalui sebaran cabang IKPM yang ada di beberapa negara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas