Superball
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tiga Bulan Begulir, BOPI Akan Panggil Operator Liga 1 Untuk Evaluasi Kompetisi

Jelang tiga bulan bergulirnya Liga 1, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) segera memanggil PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk mengevaluasi

Tiga Bulan Begulir, BOPI Akan Panggil Operator Liga 1 Untuk Evaluasi Kompetisi
tribunnews.com/abdul majid
Ketua BOPI Richard Sam Bera saat diwawancarai setelah mengadakan pertemuan dengan Intelkam Polri di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (7/5/2019). Tribunnews/Abdul Majid 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jelang tiga bulan bergulirnya Liga 1, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) segera memanggil PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk mengevaluasi pelaksanaan kompetisi sepakbola kasta tertinggi Indonesia itu.

“Banyak hal akan kita bicarakan. Mulai dari manajemen pelaksanaan pertandingan, kualitas wasit, sikap suporter dan lain-lain,” kata Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera, Selasa, (30/7/2019).

Richard mengingatkan, saat memberikan rekomendasi bergulirnya Liga, BOPI akan melakukan evaluasi setidaknya setiap tiga bulan sekali pada gelaran Liga 1 dan Liga 2.

Beberapa peristiwa menonjol terjadi pada Liga 1 yang pekan ini sudah memasuki Game Week ke-11. 

Terbaru yakni kericuhan di Stadion Surajaya, Lamongan, Senin, 29 Juli 2019 saat Persela menjamu Borneo FC. 

Keputusan wasit Wawan Rapiko memberikan hukuman penalti di menit-menit akhir pertandingan membuat penonton kecewa dan turun ke lapangan. Pertandingan pun sempat terhenti dan berakhir di menit ke-122.

Catatan lain yakni terkait padatnya pertandingan pada waktu sangat berdekatan pada rangkaian kompetisi yang direncanakan berakhir pada akhir Desember 2019. 

Hal lain yakni masih tingginya tensi antar suporter yang bahkan terjadi sejak laga pembukaan PSS Sleman melawan Arema Malang, 15 Mei 2019.

“Beberapa catatan itu akan kami sampaikan kepada PT LIB selaku operator Liga, demi evaluasi dan perbaikan pada dua pertiga sisa kompetisi musim ini,” kata Richard.

Di luar Liga 1, BOPI juga memberi catatan khusus atas ditundanya final kedua Piala Indonesia yang seharusnya berlangsung di Makassar, 28 Juli 2019 lalu.

“Kami berharap PSSI menjelaskan situasi yang terjadi dan memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan terselenggaranya final pada pertandingan tunda pekan depan,” kata Richard.

Pertemuan dengan PT LIB dan PSSI diagendakan berlangsung di kantor BOPI selambatnya pada awal Agustus ini.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas