Superskor
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Liga 1

Gaji Dipangkas Hingga 50 Persen, Gelandang Bhayangkara FC: Harus Maklum

PSSI menyatakan setiap klub Liga 1 boleh menggaji para pemain dan pelatihnya 50 persen sementara Liga 2, 60 persen dari nilai kontrak

Gaji Dipangkas Hingga 50 Persen, Gelandang Bhayangkara FC: Harus Maklum
tribunnews.com/abdul majid
Pemain Bhayangkara FC, TM Ichsan saat ditemui di Stadion PTIK setelah menjalani latihan bersama Bhayangkara FC, Senin (18/3/2019). Tribunnews/Abdul Majid 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Federasi sepakbola Indonesia, PSSI mengizinkan klub-klub Liga 1 dan Liga 2 kembali memangkas gaji para pemain,pelatih serta stafnya dalam lanjutan kompetisi yang akan dimulai Oktober mendatang.

Hal itu termuat dalam surat SKEP/53/VI/2020 yang ditandatangani Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pada 27 Juni 2020.

PSSI menyatakan setiap klub Liga 1 boleh menggaji para pemain dan pelatihnya 50 persen sementara Liga 2, 60 persen dari nilai kontrak atau sekurang-kurangnya di atas upah minimum regional yang berlaku di tempat klub tersebut.

Baca: Liga 1 2020 Digelar Kembali Oktober, Pilar Bhayangkara FC Asah Kualitas Lewat Latih Tanding Istimewa

“Jadi klub serta pelatih dan pemain berdiskusi. Situasi pandemi membuat pemasukan klub tidak seperti biasa, seperti kemungkinan tidak ada penonton di Stadion,” kata Iriawan, Minggu (28/6/2020).

Gelandang Bhayangkara FC, Teuku Muhammad Ichsan yang telah mendengar kabar tersebut pun coba menerima saja dan berpikir panjang.

Baca: PSSI Buat Aturan Baru Gaji Liga 1 dan Liga 2, Pemain Sekurang-kurangnya Dibayar Sesuai UMR Provinsi

“Ya. kalau Ichsan pribadi harus maklumi kondisi juga seperti ini kan, harus pahami kondisi klub juga. Bukan cuma Ichsan dong kan yang ngalamin. Kami juga belum paham detail pemangkasan gimana,” ujar Ichsan kepada Tribunnews, Senin (29/6/2020).

Seperti diketahui, sebelumnya Ketua Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena membuat tiga usulan soal untuk klub-klub perihal renegosiasi gaji

Pertama, besaran gaji Rp 600 juta ke atas boleh dipotong 50%, Rp 300 –Rp 600 juta dipotong 25 % dan Rp 300 juta kebawah tidak boleh dipotong alias full.

Namun, permintaan itu masih menunggu kesepakatan dari klub masing-masing pemain.

Sementara itu, Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) juga meminta kepada PSSI agar gaji para pemain Liga 1 dan Liga 2 jika mengalami pemangkasan tidak di bawah UMR seperti gaji 25% yang telah diberlakukan dari Maret - Juni 2020.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas