Superskor
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menpora Beri Ultimatum Pada Peserta Pelatnas, Tak Segan Bubarkan Jika Ada Atlet Terjangkit Corona

Ultimatum yang diberikan Zainudin Amali tersebut tak lain ingin para peserta yang mengikuti pelatnas tidak terjangkit virus corona.

Menpora Beri Ultimatum Pada Peserta Pelatnas, Tak Segan Bubarkan Jika Ada Atlet Terjangkit Corona
kemenpora.go.id
Menpora Zainudin Amali mengatakan DBL (Developmental Basketball League) menjadi harapan dalam pembinaan talenta-talenta muda untuk menyuplai pemain timnas Indonesia. Hal itu Menpora sampaikan saat mengikuti DBL Indonesia Talks secara virtual di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (6/7/2020) sore. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali memberikan ultimatum kepada para peserta pelatnas dalam menjalankan protokol kesehatan.

Ultimatum yang diberikan Zainudin Amali tersebut tak lain ingin para peserta yang mengikuti pelatnas tidak terjangkit virus corona.

Agar keinginannya tersebut terwujudu maka keamanan setiap atlet harus tetap terjaga dengan baik selama pelatnas berjalan di tengah pandemi corona.

Menpora Zainudin Amali bersama Komisi X DPR RI menggelar Rapat Kerja kembali, Kamis (2/7/2020) sore hingga malam hari, di Gedung Nusantara I, Lantai 1, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat.
Menpora Zainudin Amali bersama Komisi X DPR RI menggelar Rapat Kerja kembali, Kamis (2/7/2020) sore hingga malam hari, di Gedung Nusantara I, Lantai 1, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat. (kemenpora.go.id)

Baca: Liga 1 2020 yang Mulai lagi di Bulan Oktober Bakal Berjalan Lancar kata Renan da Silva

Baca: Mantan Pemain Persebaya Beberkan Sosok Pengubah Ronaldo Jadi Monster Bola

Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ada sejumlah cabor yang diberikan izin untuk tetap menggelar pelatnas.

Dengan catatan, pelatnas harus disertai dengan protokol kesehatan yang jelas untuk menjamin keselamatan atlet.

Tidak hanya sekadar mengeluarkan imbauan, secara langsung Zainuddin Amali mengeluarkan ultimatum bahwa dia tidak segan membubarkan pelatnas jika memang ditemui kasus Covid-19 di lingkungan pelatnas.

"Ada tiga pelatnas yang jalan, tetapi dikontrol betul-betul baik. Untuk bulu tangkis, menembak, maupun angkat besi terkontrol tiga bulan dan aman-aman saja," kata pria berusia 57 tahun itu saat webinar DBL Talk, Anak Muda, Olahraga dan Korona, Senin (6/7/2020) sore.

"Saya sampaikan ada satu saja yang kena (Covid-19), akan saya stop pelatnasnya, akan saya stop latihannya," katanya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali foto bersama dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (3/7/2020).
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali foto bersama dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (3/7/2020). (Tribunnews/Abdul Majid)

Baca: Menpora Tegaskan Pemuda Harus Mampu Merawat Kebhinekaan dan Jadi Entrepreneur

Baca: Menpora Harap DBL Terus Jadi Sumber Pembinaan Atlet Muda Basket Indonesia

Namun, ultimatum tersebut terbukti efektif. Hingga saat ini, protokol kesehatan diterapkan secara disiplin sehingga pelatnas ketiga cabor tersebut berjalan dengan lancar dan aman meskipun dijalankan di tengah pandemi virus corona.

Menteri asal Gorontalo itu pun memberikan apresiasi terhadap kedisiplinan cabor dan kesadaran atlet dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Namun, alhamdulillah itu diikuti dengan disiplin. Bagi olahraga-olahraga prestasi pasti mereka sangat menjaga betu karena di situlah hidupnya, di situlah gantungan kehidupannya sehingga mereka menjaga betul," tuturnya.

Pernyataan Zainudin Amali adalah bagian dari tanggapannya mengenai evaluasi kegiatan-kegiatan olahraga pada masa new normal.

Dia menjadikan pelatnas sebagai contoh bahwa dengan protokol kesehatan yang bagus dan kedisiplinan, penerapannya bisa menjadi jaminan keamanan olahraga di tengah pandemi virus corona.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menpora Tak Segan Bubarkan Pelatnas jika Ada Atlet Terpapar Corona"

Penulis: Rochmat Purnomo
Editor: Gigih
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas