Superskor
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Piala Dunia U20

Tak Semegah Asian Games 2018, Pembukaan Piala Dunia U-20 Diisi Pidato Tanpa Atraksi

FIFA tak memberikan rekomendasi untuk mengadakan pertunjukan layaknya pembukaan Asian Games 2018 silam.

Tak Semegah Asian Games 2018, Pembukaan Piala Dunia U-20 Diisi Pidato Tanpa Atraksi
IST.
Seorang pekerja sedang melakukan pembenahan tribun Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2021. (Dokumentasi) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa pembukaan Piala Dunia U-20 2021 tidak akan semewah atau semegah pembukaan ajang Asian Games 2018.

Pasalnya, federasi sepakbola dunia, FIFA tak memberikan rekomendasi untuk mengadakan pertunjukan layaknya pembukaan Asian Games 2018 silam.

“Untuk Piala Dunia U-20, tentu ini berbeda dari penyelenggara Asian Games, kalo Asian Games multievent bisa dimeriahkan dengan pembukaan. Nah, untuk pembukaan World Cup U-20  FIFA sendiri memaknainya dengan pertandingan hari pertama saja,” kata Menpora dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Menpora Berharap Piala Dunia U-20 2021 Sudah Bisa Dihadiri Penonton di Stadion

Nantinya dalam pembukaan Piala Dunia U-20 hanya ada kata sambutan dari pemerintah Indonesia dan FIFA. Itu pun hanya diberi waktu selama delapan menit.

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas terkait persiapan Piala Dunia U-20 2021 dikatakan Menpora mengarahkan kepada dirinya, PSSI serta Kementerian lainnya yang terlibat untuk mengikuti arahan FIFA.

Dengan begitu bisa dipastikan, pembukaan Piala Dunia U-20 2021 tidak akan semegah saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 silam.

Baca juga: Diego Michiels: Seharusnya Liga Lanjut Saja, Bukan Cuma Karena Piala Dunia U-20

“Kebiasaan untuk Piala Dunia U-20 ini, pertandingan pertama itu lah pembukaannya dan Pak Presiden memutuskan kalau gitu ikuti saja apa yang diarahkan oleh FIFA,” ujar Menpora yang juga menjabat sebagai ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (Inafoc)  tersebut.  

“Tadinya kami mau kalau pertandingannya jam 7 malam, jam 4 sore sudah mulai, tapi dikhawatirkan rumput walaupun sudah pakai alas seperti Asian Games kemarin,”

“Tapi, itu belum diizinkan (FIFA) juga. Jadi kami ikut saja sehingga pemerintah menyampaikan dalam rapat, kalau memang seperti ini berarti isinya hanya membuka secara speech saja dan tidak ada atraksi apa pun,” jelasnya.

Piala Dunia U-20 rencananya dihelat pada 20 Mei – 11 Juni 2021 di enam Stadion yang ada di Indonesia.

Enam Stadion tersebut yakni, Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Ikuti kami di
Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas