Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Superskor
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Timnas Indonesia U19

Timnas U-19 Buka Pintu ke Pemain Keturunan, Eks-Striker Timnas: Pemain Lokal Banyak yang Bagus Tapi

Indonesia tak kekurangan pemain berkualitas hanya memang sangat minim pembinaan

Timnas U-19 Buka Pintu ke Pemain Keturunan, Eks-Striker Timnas: Pemain Lokal Banyak yang Bagus Tapi
Media PSSI
Para pemain timnas U-19 Indonesia saat menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya, Jakarta. 

Abdul Majid/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTATimnas Indonesia U-19 kini tengah mempersiapkan diri jelang berlaga pada Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021 di mana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Guna mendapatkan prestasi maksimal di dua ajang itu terutama Piala Dunia U-20, manajer pelatih Shin Tae-yong membuka kesempatan bagi pemain keturunan Indonesia untuk bergabung.

Sejauh ini, ada dua pemain keturunan Inggris – Indonesia yang turut serta dalam TC Timnas U-19 yakni Elkan Baggott dan Jack Brown.

Baca juga: Kejadian Lagi, PSSI dan Shin Tae-yong Berpolemik, Dari Perang Jarak Jauh Hingga Siapkan Hukuman

Pemain keturunan Jerman-Indonesia saat ikut berlatih bersama Timnas U-19 di Kroasia.
Pemain keturunan Jerman-Indonesia saat ikut berlatih bersama Timnas U-19 di Kroasia. (Dok: PSSI)

Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga sudah melihat penampilan dua pemain keturunan Jerman - Indonesia; Luah Fynn Jeremy Mahessa dan Rully Mahessa.

PSSI  mengatakan ada sekitar tujuh pemain keturunan Indonesia lagi yang akan dilihat penampilannya termasuk Noah Gesser yang merupakan pilar utama dari Ajax Amsterdam U-16.

Eks-striker Timnas Indonesia, Budi Sudarsono turut berkomentar atas cara memberikan peluang besar kepada pemain keturunan untuk bergabung ke Timnas Indonesia.

Menurut Budi, Indonesia tak kekurangan pemain berkualitas hanya memang sangat minim pembinaan sehingga membuat bakat-bakat pemain muda Indonesia banyak yang belum terasah dengan baik.

Baca juga: Striker Muda Ajax Noah Gesser Mengaku Siap Dipanggil Timnas Indonesia Sekarang

“Kalau faktor itu kan kita membina lah, potensi pemain kita banyak yang bagus tapi balik lagi ya faktor membinanya,” kata Budi saat ditemui di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (10/12/2020).

“Kalau ditanya setuju tidak setuju ya kita ikuti federasi saja. tapi menurut saya kita punya banyak pemain yang berpotensi tinggal bagaimana cara kita membinanya saja,” terangnya.

Selain masalah pembinaan, kurang diberi kepercayaannya para pemain muda untuk tampil dalam sebuah kompetisi juga jadi faktor mereka tak berkembang.

Padahal, jam terbang pemain tampil dalam kompetisi adalah kunci pemain bisa meningkatkan kualitasnya dan mental bertanding.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan bakal menjalani TC lanjutan di Spanyol pada akhir Desember ini.

Shin Tae-yong pun berharap para pemain keturunan Indonesia yang berada di Eropa bisa ikut serta dalam TC guna dilihat lebih dulu kemampuannya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas