Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Bakar Semangat Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Striker Kalau Perlu Turun Bertahan

Shin Tae-yong Bakar Semangat Pemain Timnas: Jangan Merasa Capek, Kalian Harus Berkorban Untuk Indonesia

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Bakar Semangat Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Striker Kalau Perlu Turun Bertahan
Tribunnews/Abdul Majid
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan semangat para pemain Timnas Indonesia dalam acara pelepasan Timnas di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (14/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jelang berangkat ke Uni Emirat Arab pada 17 Mei mendatang, PSSI mengadakan pelepasan para pemain Timnas Indonesia di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Dalam kesempatan tersebut, manajer pelatih Shin Tae-yong turut memberikan masukan kepada para pemainnya.

Satu hal yang ia tanamkan kepada Evan Dimas dkk. yakni pemain harus bekerja keras dalam pertandingan dan berkorban untuk Indonesia.

Baca juga: Cerita di Balik Shin Tae-yong Semprot Pemain Timnas Agar Tak Banyak Gaya, Striker Arema Kena Dorong

“Ya kalian harus kerja keras, striker (kalau perlu) turun ke zona pertahanan kita dan harus bisa fight. Terus juga pemain bertahan kita harus mau lebih bekerja keras. Itu yang kita perlukan, pengorbanan diri,” kata Shin Tae-yong di hadapan para pemain.

Pelatih Shin Tae-yong saat memperagakan cara mengambil bola dengan benar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (11/5/2021). malam.
Pelatih Shin Tae-yong saat memperagakan cara mengambil bola dengan benar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (11/5/2021). malam. (Tribunnews/Abdul Majid)

“Jadi kalian tidak akan kalah kalau dalam pikiran kalian itu lebih banyak berlari daripada kalah satu langkah, dua langkah,” lanjutnya.

“Tapi sebaliknya kalau pemain yang merasa tidak apa-apa kalah satu langkah, dua langkah untuk ambil napas dulu gitu. Ya kalau gitu tidak ada pengorbanan di tim dan otomatis juga tim itu tidak akan jadi kuat,” jelas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Baca juga: Shin Tae-yong Soroti Gaya Bermain Timnas Indonesia yang Kerap Buang-Buang Tenaga

BERITA TERKAIT

Untuk membuat tim semakin padu, Shin Tae-yong mengatakan dirinya bakal kembali menempa fisik dan mental para pemain begitu tiba di UEA.

Shin Tae-yong sangat percaya, skuat Garuda bakal bicara banyak, hanya saja faktor mental yang benar-benar harus ditanamkan kepada para pemain Indonesia.

Keyakinan itu didapatkan setelah sebelumnya melatih  Timnas Indonesia U-19 yang sebelumnya diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2020.

Baca juga: Pencoretan Arthur Irawan dari Timnas Indonesia Jadi Sorotan Media Luar

“Jadi setelah ke Dubai intensitas latihan akan tinggi untuk meningkatkan fisik kalian juga, dan juga kita harus semangat sama-sama sampai pertandingan terakhir nanti,” kata Shin Tae-yong.

“Selama di Kroasia juga saya lihat sebenarnya pemain Indonesia bisa, tapi balik lagi faktor mentalnya yang kurang. Jujur saya melihat harapan dari sepakbola Indonesia, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk tim ini. Saya percaya kalian semua bisa dan kita pasti bisa,” pungkasnya.

Seperti diketahui, persiapan Timnas Indonesia dilakukan guna tampil di tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia grup G.

Meski sudah tak ada harapan untuk lolos lantaran selalu mengalami kekalahan di lima laga terakhir, Shin Tae-yong berharap Evan Dimas dkk. bisa tampil maksimal sehingga memperbaiki ranking Indonesia di FIFA.

Di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G, Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas