Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Superskor
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Liga 2

Reksa Maulana Berharap Format Liga 2 Bisa Seperti Liga 1 yang Pertandingannya Banyak

Formatnya Liga 2 yang dihuni 24 klub bakal dibagi menjadi empat grup. Kemudian masing-masing grup bakal bermain di salah satu Stadion

Reksa Maulana Berharap Format Liga 2 Bisa Seperti Liga 1 yang Pertandingannya Banyak
bhayangkara-footballclub.com
Reksa Maulana 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Format pertandingan Liga 2 2021 masih terus digodok.

Sebelumnya PSSI dan PT LIB telah menyampaikan format Liga 2 pada Kongres PSSI.

Formatnya Liga 2 yang dihuni 24 klub bakal dibagi menjadi empat grup. Kemudian masing-masing grup bakal bermain di salah satu Stadion atau home tournament.

Di fase grup setiap klub bermain dengan sistem double round robin. Setelah itu diambil dua terbaik.

Gelandang Dewa United, Reksa Maulana saat menjalani latihan.
Gelandang Dewa United, Reksa Maulana saat menjalani latihan. (Dok: Dewa United)

Masuk delapan besar, pertandingan tetap menggunakan sistem double round robin. Kemudian di Semifinal dan final baru menggunakan single match.

Sistem yang dijelaskan PT LIB itu pun menuai masukan dari beberapa klub.

Persiba Balikpapan salah satunya, tim asal Kalimantan Timur itu merasa pertandingan Liga 2 dengan format seperti itu pertandingan yang didapatkan oleh klub hanya sedikit terlebih mereka yang gugur di fase grup.

Ia pun berharap format Liga 2 setidaknya bisa seperti Liga 1 yang tetap menggunakan kompetisi penuh meskipun berjalan dengan sistem series.

Hal senada juga dikatakan oleh Reksa Maulana. Pemain Dewa United itu berharap Liga 2 bisa bergulir dengan seluruh klub bisa bertemu semuanya.

“Ya, kalau saya sih kalau bisa (format) seperti Liga 1. Jadi biar ketemu semua, kita satu wilayah, tidak usah dibagi grup soalnya kalau grup, Liga 2 terlalu cepat selesainya,” kata Reksa saat dihubungi Tribunnews, Senin (14/6/2021).

Reksa Maulana
Reksa Maulana (Dok: Reksa Maulana)

“Liganya nanti sebentar sekali. Kalau seperti Liga 1, jam bermain pemain juga lebih banyak, terus nunggu juga tidak lama ke 2022,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno mengatakan untuk Liga 2, pihaknya masih menunggu masukan dari klub-klub sebelum menentukan format seperti apa yang cocok untuk Liga 2 musim 2021 ini.

“Kami masih minta masukan ke klub karena belum semuanya ada beberapa syarat terkait liga 2 kami masih menunggu,” kata Sudjarno.

Gelandang bertahan Dewa United Reksa Maulana saat menjalani sesi latihan bersama Dewa United yang dipersiapkan tampil di Liga 2 2021.
Gelandang bertahan Dewa United Reksa Maulana saat menjalani sesi latihan bersama Dewa United yang dipersiapkan tampil di Liga 2 2021. (Dok: Dewa United)

“Kemarin kami konsultasi dengan PSSI, kami sampaikan ada klub yang mengusulkan tapi belum mayoritas, baru 2-3 klub,” pungkasnya.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas