Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Superskor
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Euro 2020

Euro 2020: Italia dan Wales Dipastikan Wakil Grup A ke Babak 16 Besar

Kesebelasan Italia dan Wales menjadi wakil Grup A yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020 via status juara dan runner-up. 

Euro 2020: Italia dan Wales Dipastikan Wakil Grup A ke Babak 16 Besar
ALBERTO LINGRIA / POOL / AFP
Pemain Timnas Italia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Timnas Italia dan Wales menjadi wakil Grup A yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020 via status juara dan runner-up. 

Timnas Italia sudah lebih dulu memastikan langkah ke fase gugur usai membenamkan Swiss dengan skor 3-0 pada Rabu (16/6/2021). 

Sebelum berjumpa Swiss, Italia juga meraih kemenangan 3-0 atas Turki pada laga pembuka Euro 2020.  Keberhasilan Italia kian sempurna usai menaklukkan Wales pada laga pamungkas Grup A di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Minggu (20/6/2021) malam WIB. 

Timnas Italia sapa fans di Stadion Olimpico Roma
Timnas Italia sapa fans di Stadion Olimpico Roma

Hasil tersebut membuat Italia semakin kokoh di pucuk klasemen dengan koleksi sembilan poin dan memastikan tim berjuluk Gli Azzurri itu menuju ke 16 besar dengan status juara Grup A. 

Sementara itu, Wales dipastikan mengamankan satu tempat di 16 besar Euro 2020 meski menderita kekalahan pada laga terakhir fase grup.  The Dragons (julukan timnas Wales) menempati posisi kedua di klasemen akhir Grup A dengan raihan empat poin.  Wales memiliki poin sama dengan Swiss yang membuntuti di peringkat keempat. 

Tambahan tiga angka didapat Swiss usai menaklukkan Turki 3-1 dalam laga yang juga digelar  bersamaan dengan Italia vs Wales.  

Timnas Wales jelang vs Italia
Timnas Wales

Meski demikian, Wales berhak menempati pos runner-up Grup A Euro 2020 dan menemani Italia ke babak selanjutnya karena unggul selisih gol atas Swiss.  Swiss masih punya peluang melaju ke babak 16 besar Euro 2020 lewat jalur peringkat ketiga terbaik. 

Namun, untuk menjadi tim peringkat ketiga terbaik, Swiss tentu harus menunggu hasil laga-laga di grup lain. Sementara itu, Turki terbenam di dasar klasemen tanpa perolehan poin karena menderita tiga kekalahan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Klasemen Grup A Euro 2020, Wales Temani Italia ke 16 Besar ", Klik untuk baca: https://bola.kompas.com/read/2021/06/21/01523198/klasemen-grup-a-euro-2020-wales-temani-italia-ke-16-besar?page=all#page2.
Penulis : Farahdilla Puspa
Editor : Sem Bagaskara

Editor: Toni Bramantoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas