Superskor

Euro 2020

UEFA Resmi Denda FA, Terkait Laser di Laga Inggris vs Denmark di Semifinal Euro 2020

UEFA resmi memberikan denda kepda FA, karena sorotan laser ke mata Kasper Schmeichel di laga Inggris vs Denmark

Penulis: Gigih
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in UEFA Resmi Denda FA, Terkait Laser di Laga Inggris vs Denmark di Semifinal Euro 2020
Paul ELLIS / POOL / AFP
Penjaga gawang Denmark Kasper Schmeichel (kanan) menyelamatkan penalti oleh penyerang Inggris Harry Kane (kiri) selama pertandingan sepak bola semifinal UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - UEFA resmi memberikan denda kepada Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) sebesar 30 Ribu Euro.

Denda tersebut berkaitan dengan laser yang mengarah ke mata Kasper Schmeichel dalam laga Inggris vs Denmark di Semifinal Euro 2020.

Dalam pertandingan itu, Inggris menang 2-1 atas Denmark melalui penalti Harry Kane dan gol bunuh diri Kjaer.

Dua hal kontroversial yang mewarnai kemenangan Inggris atas Denmark di semifinal EURO 2020.
Dua hal kontroversial yang mewarnai kemenangan Inggris atas Denmark di semifinal EURO 2020. (Tangkap Layar/Twitter@ESPNFC)

Baca juga: Declan Rice - Kalvin Phillips bawa Inggris ke Final Euro 2021, Bukti Romantisme Leeds dan West Ham

Baca juga: Persiapan Inggris Hadapi Adu Penalti, dari Kane hingga Pickford dan Bantuan Welsh Rugby Union

Tuduhan lainnya termasuk 'gangguan' yang disebabkan oleh para pendukung selama lagu kebangsaan serta 'penyalaan kembang api' oleh para pendukung Inggris.

UEFA mendakwa Inggris atas insiden berdasarkan Pasal 16(2)(d), (g) dan (c) peraturan disiplin UEFA.

Sebuah pernyataan dari UEFA mengatakan bahwa badan disipliner "memutuskan untuk mendenda Asosiasi Sepak Bola Inggris €30.000 untuk penggunaan laser pointer, gangguan selama lagu kebangsaan dan pengaturan kembang api."

 Kemenangan Timnas Inggris atas Timnas Denmark di babak semifinal Euro 2020 dengan skor 2-1 ternyata menyisakan hal buruk dalam dunia persepakbolaan.

Kiper Timnas Denmark, Kasper Schmeichel mendapat perlakukan yang kurang mengenakan lantaran sebelum Harry Kane melakukan tendangan penalti, muka Kasper Schmeichel 'ditembak' sinar laser oleh oknum pendukung Timnas Inggris.

Meski sempat memblok bola tendangan Harry Kane, kiper Leicester City itu akhirnya harus rela gawangnya kebobolan lantaran Harry Kane langsung menyambar bola mental tersebut.

Penjaga gawang Denmark Kasper Schmeichel (kanan) menyelamatkan penalti oleh penyerang Inggris Harry Kane (kiri) selama pertandingan sepak bola semifinal UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021.
Penjaga gawang Denmark Kasper Schmeichel (kanan) menyelamatkan penalti oleh penyerang Inggris Harry Kane (kiri) selama pertandingan sepak bola semifinal UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021. (Paul ELLIS / POOL / AFP)

Baca juga: Bjorn Kuipers, Wasit di Final Euro 2021, Musuh Italia dan Inggris yang Idolakan Barcelona

Akibat adanya sinar laser ke muka Kasper Schmeichel, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) memberikan hukuman atas tindakan tersebut.

Tidak sampai disitu saja, UEFA memberikan sanksi kepada Federasi Sepakbola Inggris. Selain mengganggu Kasper Schmeichel, UEFA juga memberikan hukuman kepada Inggris akibat ulah suporternya yang mengejek lagi kebangsaan Denmark dan memasang kembang api di dalam stadion.

Hukuman apa yang bakal diberikan kepada Inggris, biarlah Komisi Disiplin UEFA yang akan menentukannya.

"Yang jelas sanksi berupa denda bakal diberikan kepada Federasi Sepakbola Inggris

Tendangan penalti diberikan kepada Timnas Inggris sebelum berakhirnya 15 menit babak pertama perpanjangan waktu setelah wasit melakukan pemeriksaan VAR dan kapten Timnas Inggris, Harry Kane menjadi algojo penaltinya.

Tidak sampai disitu saja, rakaman gambar adanya sinar laser yang berwarna hijau menempel di pipi kanan Kasper Schmeichel dari pendukung Timnas Inggris. 

Laser tersebut dipastikan ingin mengganggu konsentrasi Kasper Schmeichel agar gagal membendung tendangan penalti Harry Kane.

(Tribunnews.com/Gigih/Toni Bramantoro)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Arsenal
14
12
1
1
33
11
22
37
2
Manchester City
14
10
2
2
40
14
26
32
3
Newcastle
15
8
6
1
29
11
18
30
4
Tottenham
15
9
2
4
31
21
10
29
5
Manchester United
14
8
2
4
20
20
0
26
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas