Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Superskor
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Timnas Indonesia

PSSI Mensuport Apa yang Menjadi Program Shin Tae Yong kata Indra Sjafri

Indra Sjafri mengatakan bahwa dirinya telah menerima daftar tiga nama asisten pelatih anyar Shin Tae-yong.

PSSI Mensuport Apa yang Menjadi Program Shin Tae Yong kata Indra Sjafri
Dok PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan bahwa dirinya telah menerima daftar tiga nama asisten pelatih anyar Shin Tae-yong.

Tiga nama yang diajukan Shin Tae-yong menggantikan tiga asisten pelatih lainnya yang mengundurkan diri yakni Kim Bong Soo, Shin Sang Gyu dan Dzenan Radoncic.

Untuk saat ini, tiga nama tersebut masih dalam proses verifikasi termasuk menyesuaikan dengan persyaratan AFC atau coaching requirement.

Indra Sjafri n Shin Tae-yong
Indra Sjafri n Shin Tae-yong (dok pribadi)

“Pada prinsipnya, PSSI mensuport apa yang menjadi program Shin Tae Yong di Timnas Indonesia. Roadmap kami pastikan berjalan dengan baik. Alhamdulillah roadmap dari pelatih kami suport, termasuk tiga asisten pelatih yang mundur, Shin Tae Yong sudah mengajukan tiga nama," ungkap Indra Sjafri saat dihubungi wartawan.

“Sekarang masih saya verifikasi masalah administrasi, coaching requirement apakah sesuai persyaratan AFC atau tidak,” sambungnya.

Indra Sjafri membeberkan perihal minimum persyaratan kepelatihan yang tertera dalam coaching requirement.

AFC meminta untuk kepala pelatih Timnas utama putra, putri dan U-23 minimal memiliki lisensi Pro AFC dan asisten pelatih minimal berlisensi A AFC. Sedangkan untuk pelatih kiper dan pelatih fisik minimal berlisensi Level 2 AFC.

“Contoh pelatih kiper dan fisik spesifik harus level dua AFC. Setelah selesai diverifikasi di Dirtek, lalu akan diberikan rekomendasi ke Kesekjenan untuk diserahkan ke Ketua Umum. Nanti Ketua Umum yang akan ambil keputusan bersama Exco. Walaupun asisten ini satu kesatuan dari pelatih kepala,” jelasnya.

Sementara itu, sebelum menggelar pemusatan latihan, Shin Tae-yong terlihat sibuk menyaksikan langsung pertandingan awal Liga 1 2021/2022 guna memantau para pemain.

Seperti diketahui di tahun ini Shin Tae-yong harus membentuk Timnas mulai dari Timnas U-18 persiapan Piala Dunia U-20 2022, Timnas U-23 Kualifikasi Piala Asia 2022 dan Timnas senior.

Timnas senior dijadwalkan bakal menghadapi China Taipei pada play off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada September mendatang.

Sedangkan Timnas U-23 akan menjalani laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada 27 - 31 Oktober 2021.

Pada ajang itu Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah berada di grup G bersama dengan Australia, China dan Brunei Darussalam.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas