Superskor

Gaya Permainan Zulham dan Syaiful Bar-Bar Contoh Buruk Terhadap Generasi Muda kata Ketua Komdis PSSI

Insiden brutal dan memalukan yang terjadi pada laga uji coba antara AHHA PS Pati vs Persiraja Banda Aceh pada Senin lalu kini semakin disoroti serius

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Gaya Permainan Zulham dan Syaiful Bar-Bar Contoh Buruk Terhadap Generasi Muda kata Ketua Komdis PSSI
Indonusa Dwitama Who We Are
Erwin TPL Tobing

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Insiden brutal dan memalukan yang terjadi pada laga uji coba antara AHHA PS Pati vs Persiraja Banda Aceh pada Senin lalu kini semakin disoroti serius oleh PSSI.

Dalam rekaman video singkat yang beredar terlihat pelanggaran keras menjurus kasar dilakukan oleh 2 pesepakbola Klub AHHA PS Pati FC yakni Syaiful Indra Cahya dan Zulham Zamrun.

Syaiful Indra Cahya mendapatkan hukuman kartu merah dari wasit karena melakukan tendangan kungfu ke wajah pemain Persiraja, Muhammad Nadhi.

Sementara itu, Zulham terlihat sangat emosional dengan mengganjar Defri Rizki yang kemudian melakukan tendangan tambahan ke Defri Rizki.

PSSI sebagai Federasi Sepakbola di Indonesia pun akan menyelidiki kemungkinan-kemungkinan yang bisa dikenakan yaitu berupa sanksi tambahan di luar sanksi kartu merah yang telah diberikan oleh wasit saat pertandingan, karena pelanggaran yang dilakukan oleh Syaiful Indra Cahya dan Zulham Zamrun dikategorikan pelanggaran berat dalam Kode Disiplin.

Selanjutnya PSSI melalui Komite Disiplin akan menilai apakah pertandingan persahabatan yang dilakukan oleh AHHA PS Pati melawan Persiraja masuk ranah pelanggaran disiplin yang diatur dalam Kode Disiplin, mengingat pertandingan tersebut adalah pertandingan persahabatan yang hanya melibatkan antara kedua tim dan bukan merupakan pertandingan resmi.

“Saya, Irjen. Pol. (Purn) Drs. Erwin TPL. Tobing sebagai Ketua Komite Disiplin PSSI sangat menyayangkan dan tidak akan mentolerir gaya bermain sepakbola Bar-bar yang telah dipertontonkan oleh Syaiful Indra Cahya dan Zulham Zamrun, apa jadinya persepakbolaan kita jika pemain-pemain seperti Syaiful Indra Cahya dan Zulham Zamrun dengan gaya sepakbola Bar-bar nya tetap diberi kesempatan bermain di persepakbolaan Indonesia yang tentunya merupakan contoh buruk terhadap generasi muda,” kata Erwin dalam keterangan resminya, Rabu (8/9/2021).

“Saya menyarankan kepada tim AHHA PS PATI untuk menindak dengan tegas Syaiful Indra Cahya dan Zulham Zamrun, dan saya menghimbau kepada tim AHHA PS PATI untuk tidak merekrut pemain – pemain yang tidak menjunjung sportifitas, karena bermain sepakbola bukan fisik dan skill yang bagus saja yang diperlukan, melainkan menjunjung nilai-nilai sportifitas,” pungkasnya.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Bhayangkara
20
13
4
3
27
14
13
43
2
Arema
20
11
8
1
27
13
14
41
3
Persib
20
12
4
4
27
13
14
40
4
Persebaya
20
12
3
5
38
22
16
39
5
Bali United
20
11
5
4
29
15
14
38
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas