Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Kompetisi Liga 1 Gunakan Teknologi VAR Bakal Didukung Menpora Amali

Zainudin Amali mendukung upaya PSSI dan PT LIB yang kini tengah mempercepat penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada kompetisi Liga 1.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Kompetisi Liga 1 Gunakan Teknologi VAR Bakal Didukung Menpora Amali
tribunnews.com/abdulmajid
Menpora Zainudin Amali 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendukung upaya PSSI dan PT LIB yang kini tengah mempercepat penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada kompetisi Liga 1.

Di akhir musim Liga 1 ini, PT LIB akan melakukan uji coba penggunaan VAR.

Menurut Menpora Amali, hadirnya VAR bisa membantu wasit dalam mengambil keputusan.

Selain itu juga bisa menekan adanya dugaan negatif kepada wasit saat salah mengambil keputusan.

Bahkan pihaknya pun siap membantu PT LIB dan PSSI guna mempercepat teknologi VAR itu bisa diterapkan di kompetisi Liga 1.

“Ya kita lihat seperti apa kebutuhannya. Tentu sepanjang itu sesuai kebutuhannya dan ada aturan di tempat kita, kita tidak ada masalah (dukung VAR),” kata Menpora Amali yang siap mendukung adanya VAR.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita (Tribunnews/Abdul Majid)
BERITA TERKAIT

“VAR ini penting , kan sekarang ini banyak keputusan-keputusan dari wasit yang terlihat tidak melakukan tugasnya dengan benar atau ada kesengajaan tidak fair play dan sebagainya, sehingga muncul prasangka dimana-mana tapi dengan adanya VAR in bisa dilihat dan saya kira itu jadi alat untuk menentukan objektivitas

“Kita mendukung VAR. Cuma seperti apa, saya belum tahu apa yang nanti dibutuhkan dari pemerintah, tapi sepanjang itu sesuai dengan aturan yang tentu kita dukung,” jelasnya.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita sebelumnya mengatakan kini pihaknya bersama PSSI kembali serius dalam menerapkan VAR di kompetisi Liga 1.

Bahkan pihaknya rela mengeluarkan biaya yang tak murah guna mendatangkan peralatan VAR dan pelatihan kepada wasit-wasit Indonesia.

“VAR ini sudah dibicarakan sejak awal 2020 sama PSSI, tetapi terhenti karena pandemi. Kami mulai kembali sekarang,” kata Hadian di Kantor PT LIB, Jakarta beberapa hari lalu.

“Biaya juga bukan masalah, tetapi demi kebaikan kami harus berusaha sekuat mungkin untuk cari dananya. Tapi bisa saja nanti pemerintah bantu. Namun, bukan berarti kita mengemis tetapi dampaknya ujungnya untuk prestasi Timnas juga,” ujarnya,

Baca juga: Menpora Amali Harapkan Timnas Indonesia Tampil Maksimal Dilaga Ujicoba Internasional

Hadian turut membeberkan biaya VAR hitungan kasar 1 set 6 juta dollar kira-kira sekitar 85 miliar sudah termasuk dengan pelatihan wasit.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas