Superskor

Gala Siswa Indonesia 2021 Resmi Ditutup, Ini Harapan Mantan Pelatih Timnas Indonesia

Kemendikbud Ristek menggodok 102 siswa dalam training center di Kawasan Sentul.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Gala Siswa Indonesia 2021 Resmi Ditutup, Ini Harapan Mantan Pelatih Timnas Indonesia
Dok. Kemendikbud Ristek
Gala Siswa Indonesia (GSI) 2021 resmi ditutup dengan perang bintang di ASIOP Training Ground, Royal Sentul Park, Kabupaten Bogor, Senin (29/11/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pandemi Covid-19 tidak menghentikan keinginan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ikut berkontribusi mengembangkan sepak bola nasional.

Selama dua pekan terakhir, lewat event Gala Siswa Indonesia (GSI) 2021, Kemendikbud Ristek menggodok 102 siswa dalam training center di Kawasan Sentul.

Dirjen PAUD-Dikdasmen Jumeri menjelaskan, jenjang usia 12-16 tahun atau usia SMP adalah yang paling strategis untuk pembinaan karena dalam periode emas.

“Kami berharap, para pemain ini nantinya bisa masuk ke timnas Indonesia. Jika nantinya mereka diproyeksikan bisa menjadi bagian dari timnas U-19 Indonesia, maka masih punya waktu 4-5 tahun untuk berkembang," ungkap Dirjen PAUD-Dikdasmen, Jumeri kepada wartawan, Senin (29/11/2021).

Kapus Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi optimistis pemain-pemain alumni GSI yang lahir dari seluruh wilayah di Indonesia hasil pemantauan talent scouting PSSI melalui video yang dikirimkan, memiliki kualitas bagus.

Apalagi selama menjalani TC para siswa didik mendapatkan pembekalan dari pelatih-pelatih berkualitas.

“Saya rasa saat ini sudah banyak klub-klub yang memantau para pemain pilihan ini. Ini juga adalah bagian dari program Inpres Percepatan Prestasi Sepak Bola Nasional,” ujar Asep.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menganggap pentingnya kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengembangan sepak bola Nasional. Termasuk kerjasama dengan Kemendikbudristek dalam gelaran GSI 2021.

“Penting bila program kementerian disinkronisasi bersama PSSI. Di GSI, PSSI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang) Kemendikbudristek sudah beberapa tahun melakukan kerja sama dengan. Kerjasama tersebut dalam bentuk rekomendasi untuk tim pelatih, talent scouting dan perangkat pertandingan dalam rangka suksesnya event GSI,” jelas Iriawan.  

Pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut berharap siswa yang ikut dalam TC GSI 2021 menjadi salah satu embrio atau bahkan tulang punggung timnas di masa depan.  

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas