Superskor

Kompetisi Sepakbola Di Indonesia Kata Rochy Putiray Kualitanya Belum Bagus

Rochy Putiray menyebut kompetisi sepakbola Indonesia merupakan kompetisi yang rumit.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Kompetisi Sepakbola Di Indonesia Kata Rochy Putiray Kualitanya Belum Bagus
Youtube Asumsi
Rochy Putiray 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Legenda sepakbola Indonesia, Rochy Putiray menilai kualitas Komeptisi Liga Indonesia masih belum bagus.

Bahkan ia menyebut kompetisi sepakbola Indonesia merupakan kompetisi yang rumit.

“Sebenarnya tidak harus dibicarakan lagi karena kalau liga yang rumit itu sudah pasti liga Indonesia. Jadi tidak bisa dikomentari lagi karena memang seperti itu Liga Indonesia, rumit,” buka Rochy kepada Tribunnews saat ditemui di CGV Sport Hall FX, Sudirman, Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Hal yang ia kritisi yakni mengenai padatnya jadwal pertandingan dan kualitas wasit yang harus benar-benar dibenahi.

Menurut Rocky kedua hal itu sangat penting bagi perkembangan atau kualitas dari liga itu sendiri.

“Saya sudah bilang saya tidak nonton Liga Indonesia, jangankan liga indonesia yang rumit, wasit di liga tarkam saja selalu buat pertandingan ribut jadi memang yang harus dibenahi itu wasit selain jadwal pertandingan,” kata Rocky.

“Sekarang kita mau pakai sistem yang canggih seperti apa kan keputusan dari wasit, wasit saja dulu dibenahi dulu baru kalau sudah siap pakai VAR,” sambungnya.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang bergulir di tengah pandemi Covid-19 ini memang berbeda dari kompetisi tahun-tahun sebelumnya.

Kompetisi hanya diadakan di pulau Jawa dan Bali dengan menggunakan sistem bubble to bubble dan series.

Bahkan, kompetisi yang berjalan fleksibel ini lokasi pertandingan yang sudah diterapkan bisa sewaktu-waktu berubah; melihat kondisi pandemi Covid-19 di daerah tersebut.

PT LIB yang menyusun jadwal pun juga menyesuaikan dengan agenda lainnya sehingga di seri ketiga ini, setiap klub melakoni delapan pertandingan. Itu berarti empat hari sekali mereka bertanding,

“Sebagai pemain profesional satu minggu sekali, empat hari sekali main itu tidak jadi masalah, tapi untuk mendapatkan kualitas yang maksimal sebagai seorang atlet harusnya juga bisa disesuaikan dengan jadwal kompetisi, kenapa pemain performanya tidak maksimal karena jadwalnya yang semrawut makanya indonesia terkenal dengan liga rumit. Pemain tidak bisa tampil stabil karena jadwalnya yang tidak menentu,” pungkas Rochy.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Madura United
10
7
2
1
19
5
14
23
2
PSM Makasar
10
6
4
0
18
6
12
22
3
Persita
11
7
1
3
18
13
5
22
4
Bali United
11
7
0
4
22
13
9
21
5
Persija Jakarta
10
6
3
1
12
5
7
21
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas