Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Donny Kurniawan: Kondisi Sudirman Mulai Membaik

Juru taktik Macan Kemayoran itu sebelumnya terinfeksi Covid-19 hingga harus dirujuk ke Bali Royal Hospital, sejak Selasa (8/2/2022) malam, pekan lalu.

Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Donny Kurniawan: Kondisi Sudirman Mulai Membaik
Media Persija
Dokter tim Persija Jakarta, Donny Kurniawan 

Laporan wartawan tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelatih Persija Jakarta, Sudirman dipastikan telah membaik. 

Juru taktik Macan Kemayoran itu sebelumnya terinfeksi Covid-19 hingga harus dirujuk ke Bali Royal Hospital, sejak Selasa (8/2/2022) malam, pekan lalu. 

Dia dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif karena alami penurunan kesadaran. 

Dokter Tim Persija Jakarta, Donny Kurniawan mengungkapkan, penyakit penyerta (komorbid) yang dimiliki Sudirman adalah diabetes. 

Menurut dokter Donny, kombinasi penyakit diabetes dan infeksi Covid-19 yang dimiliki Sudirman menjadi sebab pelatih berusia 53 tahun itu alami penurunan kesadaran.

"Komorbid yang dia punya adalah dia punya penyakit gula, rasanya tidak terkontrol. Itu salah satu faktor risiko yang menyebabkan pemburukan dari Covid-19," ungkap dokter Donny kepada Tribunnews.com, Senin (14/2/2022).

BERITA TERKAIT

Kendati demikian dokter Donny memastikan bahwa kondisi Sudirman kini telah jauh lebih baik. 

Sudirman kini sudah bisa berkomunikasi dengan baik.

"Dari hasil update terakhir, dari dokter spesialis sarafnya mengatakan kalau Coach Dirman sudah tidak ada disorientasi. Beliau sudah dapat berkomunikasi dengan baik," tutur Donny. 

Selain itu, dokter spesialis Bali Royal Hospital kini sedang melakukan penilaian pada kadar gula darah dan infeksi Covid-19 yang dialami Sudirman.

"Progresnya cukup baik, tapi masih dalam penilaian untuk penyakit diabetesnya, gula darahnya, sama Covid-19 dan dari penyakit dalamnya," ungkap Donny.

"(Hasil penilaian penyakit dalam Coach Dirman) belum ada kabar sampai saat ini, kita masih menunggu. Tapi untuk progres, semuanya segalanya baik," sambung dia. 

Sebagai informasi, Persija Jakarta yang dinahkodai Sudirman bakal menjalani laga big match melawan Persebaya Surabaya. 

Laga pekan 25 BRI Liga 1 antara Persebaya Vs Persija bakal berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Senin (14/2/2022) pukul 20.30 WIB malam nanti. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas