Superskor

Liga 1

Mochamad Iriawan: Ada Wasit Tambahan Yang Bertugas Di Sebelah Kiri Gawang

Asisten wasit yang bertugas di dekat penjaga gawang mulai ditugaskan pada pertandingan BRI Liga 1 2021/2022 pekan ke-30 ini.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Mochamad Iriawan: Ada Wasit Tambahan Yang Bertugas Di Sebelah Kiri Gawang
Tribunnews/Abdul Majid
Mochamad Iriawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Asisten wasit yang bertugas di dekat penjaga gawang mulai ditugaskan pada pertandingan BRI Liga 1 2021/2022 pekan ke-30 ini.

Pertandingan Persela Lamongan vs Tira Persikabo menjadi laga perdana yang dipimpin asisten wasit.

Setela pertandingan, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan alasan pihaknya baru menggunakan asisten wasit pada pekan ke-30.

“Tentunya saya hari ini menyempatkan hadir untuk melihat pertama dilakukan adanya asisten wasit tambahan sesuai dengan janji federasi dan LIB sebulan yang lalu,” kata Iriawan dalam sesi konferensi pers, Rabu (9/3/2022).

“Kalau ditanya kok lama? Ternyata tidak semudah apa yang kita perkirakan, harus ada coaching clinic, harus ada pelatih khusus dari FIFA, AFC dan peralatan cukup lama kami dapatkan yaitu alat getar yang dipegang asisten wasit sehingga tadi saya nonton dari awal sampai akhir alhamdulillah berjalan dengan lancar, normal dan tanpa kendala. Setelah itu saya datang ke ruang wasit, saya tanya ada kendala, wasit utama bilang Alhamdulillah Ketum bisa terkendali,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan adanya asisten wasit tambahan ini bisa membantu wasit utama dalam mengambil keputusan khususnya di area kotak penalti.

Pertandingan pun bisa terlihat lebih adil karena keputusan kontroversi atau polemik bisa diminimalisir terutama pada area kotak penalti.

“Hadirnya asisten wasit tambahan ini mudah-mudahan bisa memberikan rasa keadilan yang lebih daripada kemarin yang banyak polemik,” harapnya.

Lebih lanjut Iwan Bule menjelaskan secara singkat peran dari asisten wasit tambahan.

“Wasit tambahan ada di sebelah kiri gawang. Mereka hanya melihat di daerah kotak 16 besar. Tugasnya pertama memastikan bola masuk ke dalam gawang, gol atau tidak sehingga tidak ada polemik lagi di sana,” kata Iwan Bule.

“Terus melihat apakah ada pelanggaran terutama handball. Itu kan betul-betul terlihat sama mereka, karena kita tahu kalau dari belakang mungkin wasit utama tidak melihat sehingga kita gunakan asisten wasit tambahan,” pungkasnya.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Madura United
10
7
2
1
19
5
14
23
2
PSM Makasar
10
6
4
0
18
6
12
22
3
Persita
11
7
1
3
18
13
5
22
4
Bali United
11
7
0
4
22
13
9
21
5
Persija Jakarta
10
6
3
1
12
5
7
21
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas