Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Dua Bobotoh Persib Meninggal, Menpora Perintahkan PSSI dan PT LIB Lakukan Hal Ini

Menpora juga mengutarakan keprihatinan atas meninggalnya dua bobotoh dalam situasi sepakbola Indonesia baru saja membolehkan penonton hadir ke stadion

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Dua Bobotoh Persib Meninggal, Menpora Perintahkan PSSI dan PT LIB Lakukan Hal Ini
Deanza/Tribun Jabar
Jenazah bobotoh Persib Bandung, Asep Ahmad Solihin asal Kopo, Kota Bandung, sudah tiba di rumah duka, Sabtu (18/6/2022). Dua bobotoh dilaporkan meninggal seusai berdesak-desakan masuk ke Stadion GBLA Bandung untuk menyaksikan laga Persib Vs Persebaya di fase penyisihan grup C Piala Presiden, Jumat (17/6/2022). 

Dua Bobotoh Persib Meninggal: Menpora Perintahkan PSSI dan PT LIB Lakukan Hal Ini

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Meninggalnya dua bobotoh saat laga Persib Vs Persebaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), mendapat perhatian serius Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Menpora menyampaikan duka cita atas meninggalnya dua suporter Persib Bandung akibat kericuhan dalam laga lanjutan Grup C Piala Presiden 2022 yang mempertemukan Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat (17/6/2022).

Menpora juga mengutarakan keprihatinannya, terlebih dalam situasi sepakbola Indonesia baru saja membolehkan penonton hadir ke stadion.

Baca juga: Bobotoh Berduka, Ini Dugaan Penyebab Meninggalnya Dua Suporter Persib, Izin Laga di GBLA Dicabut?

(KIRI) Bobotoh mulai padati Stadion GBLA jelang pertandingan penyisihan grup C Piala Presiden 2022 antara Persib vs Persebaya, Jumat (17/6/2022) dan (KANAN) 
Jenazah korban meninggal dunia bobotoh Persib Bandung, Asep Ahmad Solihin asal Kopo, Kota Bandung, sudah tiba di rumah duka, Sabtu (18/6/2022).
(KIRI) Bobotoh mulai padati Stadion GBLA jelang pertandingan penyisihan grup C Piala Presiden 2022 antara Persib vs Persebaya, Jumat (17/6/2022) dan (KANAN) Jenazah korban meninggal dunia bobotoh Persib Bandung, Asep Ahmad Solihin asal Kopo, Kota Bandung, sudah tiba di rumah duka, Sabtu (18/6/2022). (Kolase Tribunnews.com: Tribun Jabar/ Deanza Falevi)

Baca juga: Fakta Baru Meninggalnya Bobotoh saat Laga Persib Vs Persebaya, Kepolisian Ungkap Hal Ini

“Saya turut berduka cita atas meninggalnya penonton sepakbola di Bandung saat menonton pertandingan Persib vs Persebaya. Tentu kita prihatin atas kejadian ini. Padahal pertandingan Sepakbola baru saja diizinkan dihadiri penonton langsung di stadion," ujar Menpora Amali, Sabtu (18/6/2022).

Atas kejadian ini, Menpora Amali pun meminta kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara untuk melakukan investigasi terhadap insiden ini.

BERITA TERKAIT

"Selain itu harus segera dievaluasi tentang SOP yang berlaku di stadion ketika itu, sekaligus melihat lagi pelaksanaan di empat stadion yang sudah berlangsung selama ini," jelasnya.

Baca juga: Buntut Meninggalnya Dua Bobotoh Persib, Gelaran Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 Disetop?

Rumah duka Asep Ahmad Solihin, bobotoh yang meninggal saat nonton laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat (17/6/2022). Sejumlah pelayat terus berdatangan, untuk bertakziah kepada keluarga almarhum di rumah duka di gang TVRI RT 02 RW 03, Kelurahan Cibaduyut Wetan, Kecamatan Bojong Loa Kidul, Kota Bandung, Sabtu (18/6/2022).(Cipta Permana/Tribun Jabar)
Rumah duka Asep Ahmad Solihin, bobotoh yang meninggal saat nonton laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat (17/6/2022). Sejumlah pelayat terus berdatangan, untuk bertakziah kepada keluarga almarhum di rumah duka di gang TVRI RT 02 RW 03, Kelurahan Cibaduyut Wetan, Kecamatan Bojong Loa Kidul, Kota Bandung, Sabtu (18/6/2022).(Cipta Permana/Tribun Jabar) (Cipta Permana/Tribun Jabar)

Baca juga: Update Persib Vs Persebaya, Gol Bajul Ijo Dianulir, Skor Tetap 2-1, Penonton Jebol Pagar-Pintu GBLA

Menpora Amali meminta PSSI dan PT LIB untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait khususnya dengan pihak keamanan lebih diintensifkan sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi.

"Pemerintah akan menunggu laporan resmi dari PSSI dan PT LIB. Tidak boleh ini terulang lagi karena pertandingan masih banyak yang harus dilakukan. Kesiapan panitia daerah juga harus dipastikan pada setiap pertandingan," harapnya.

Baca juga: Bobotoh Berduka, Ini Dugaan Penyebab Meninggalnya Dua Suporter Persib, Izin Laga di GBLA Dicabut?

Sebelumnya, kabar duka datang dari laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Grup C Piala Presiden 2022. Dua Bobotoh -sebutan suporter Persib Bandung- dikabarkan meninggal dunia dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat 17 Juni 2022.

Dikabarkan, kejadian bermula dari antrean penonton yang membludak sehingga mereka harus berdesak-desakan.

Dua Bobotoh ini meninggal dunia setelah berdesak-desakan di pintu masuk Stadion GBLA.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas