Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Daftar Keputusan yang Dibuat Erick Thohir Dua Hari Setelah Jadi Ketua Umum PSSI

Dua hari setelah menjabat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir langsung memutuskan 3 kebijakan penting bagi sepakbola Indonesia. Berikut ulasannya

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Daftar Keputusan yang Dibuat Erick Thohir Dua Hari Setelah Jadi Ketua Umum PSSI
HandOut/Istimewa
SERAH TERIMA JABATAN - Proses serah terima jabatan ketua umum PSSI dari Mochamad Iriawan kepada Erick Thohir di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Erick Thohir akan memimpin kepengurusan PSSI periode 2023-2027. 

Daftar Keputusan yang Dibuat Erick Thohir Dua Hari Setelah Jadi Ketua Umum PSSI

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua hari menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir langsung membuat tiga keputusan krusial bagi sepakbola Indonesia.

Pada rapat komite eksekutif (Exco) kedua PSSI, Sabtu (18/2/2023), Erick Thohir yang terpilih menjadi Ketua Umum PSSI pada Kamis (16/2/2023) memutuskan untuk secara resmi membentuk Badan Tim Nasional (BTN) dan dua Komite Ad Hoc.

Pembentukan tersebut masuk dalam langkah cepat PSSI yang baru beralih kepengurusan untuk mereformasi sepakbola nasional.

Baca juga: Erick Thohir Temui Rohani, Wasit Liga 2 yang Nyambi Jual Kembang Tahu: Wasit Jauh dari Sejahtera

Baca juga: Rusuh di Stadion Jatidiri Saat Laga PSIS Vs Persis, Erick Thohir: Suporter Semarang-Solo Seduluran

Ketiga komite itu nantinya akan memiliki fungsi tersendiri yang telah diatur demi mempercepat transformasi sepakbola, mulai dari Tim Nasional, Suporter, hingga infrastruktur.

Komite Ad Hoc Suporter, Komite Ad Hoc Infrastruktur, dan Badan Tim Nasional dibentuk usai

Baca juga: Host Mata Najwa Tanya Soal Zainudin Amali Mundur dari Menpora, Erick Thohir: Presiden Juga Kaget!

BERITA TERKAIT

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan bahwa Komite Ad Hoc Suporter ini nantinya akan bertugas untuk mentransformasi sepak bola nasional.

"Rapat Exco kedua tidak lain, satu membahas peristiwa yang baru saja terjadi. Karena itu keputusan Exco tadi kami akan membuat Komite Ad Hoc untuk suporter," ujar Erick Thohir.

Baca juga: Kirim Tim Survei Tanah, Erick Thohir Sebut Tahun Depan Timnas Indonesia Punya Training Center

Ketua Umum PSSI terpilih, Erick Thohir dan Jajarannya setelah Rapat Exco, di Kantor PSSI, GBK Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu, (18/2/2023). (Tribunnews/Alfarizy)
Ketua Umum PSSI terpilih, Erick Thohir dan Jajarannya setelah Rapat Exco, di Kantor PSSI, GBK Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu, (18/2/2023). (Tribunnews/Alfarizy) (tribunnews.com/alfarizyAF)

"Di mana sesuai dengan statuta FIFA dan juga PSSI mempunyai empat belas komite. Tetapi boleh membuat Komite Ad Hoc.  Nah ini lah kenapa hari ini keputusannya ada komite ad hoc suporter," sambungnya.

Kemudian, Erick Thohir mengatakan, Komite Ad Hoc Infrastruktur nantinya akan bertugas untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur penunjang kebutuhan sepak bola nasional.

"Hari ini kami memutuskan komite Ad Hoc infrastruktur. Karena kenapa? kita penting sekali membangun yang namanya training center buat timnas (Tim Nasional)," ujar Erick di hadapan awak media.

Baca juga: Kerusuhan di Laga PSIS Semarang vs Persis Solo, Ganjar Pranowo Mau Ngajak Ngopi Perwakilan Suporter

Latihan Timnas Indonesia U-20 di Lapangan A Komplek GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/2/2023).
Latihan Timnas Indonesia U-20 di Lapangan A Komplek GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/2/2023). (Alfarizy/Tribunnews)

Untuk Badan Tim Nasional, sejatinya komite ini sempat eksis beberapa tahun lalu, sebelum dibubarkan medio 2015 silam.

BTN bentukan Erick Thohir ini nantinya akan menyiapkan cetak biru atau blueprint yang berisikan proyeksi jangka panjang bagi Timnas Indonesia.

Proyeksi jangka panjang itu termasuk bermainnya Skuad Garuda dalam Piala Dunia 2040 mendatang.

"Kami juga memastikan pembentukan Badan Tim Nasional (BTN), yang mana kami harus memastikan punya agenda besar mau main di piala dunia 2040," kata Erick Thohir dalam sesi konferensi pers.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas