Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Indra Sjafri Minta Klub Pahami Kepentingan Negara

Indra Sjafri memahami keluhan Shin Tae-yong yang masih disulitkan dengan izin klub yang melepas pemainnya gabung ke TC Timnas Indonesia

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Indra Sjafri Minta Klub Pahami Kepentingan Negara
Tribunnews/Abdul Majid
Indra Sjafri 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri memahami keluhan Shin Tae-yong yang masih disulitkan dengan izin klub yang melepas pemainnya gabung ke TC Timnas Indonesia.

Di lain sisi, Indra Sjafri juga mengerti klub-klub juga sangat membutuhkan pemainnya guna melakoni kompetisi khususnya Liga 1.

Indra sebenarnya juga sepaham dengan klub-klub yang menilai persiapan pemain yang paling tepat yakni dengan mengikuti kompetisi bukan di TC.

Akan tetapi, untuk kondisi saat ini, persiapan Timnas U-20 yang akan tampil di ajang Piala Dunia U-20 sangat lah berbeda. Ia tak bisa menyamakan kualitas pemain-pemain Indonesia dengan pemain-pemain luar negeri yang sudah tertata dengan rapi.

“Kami dihadapi dengan dinamika dengan kepentingan klub dan kepentingan Timnas. Kami sepakat dengan pelatih klub bahwa pembinaan pemain di klub, ya. Tapi ingin kasusnya agak khusus kami sebagai tuan rumah Piala dunia yang dituntut berprestasi,” kata Indra Sjafri di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (20/3/2023).

“Saya sebagai direktur teknik tahu pembinaan pemain-pemain muda belum baik di Indonesia. Kalau di negara-negara Eropa tanpa TC pun kalau kualitas pemainnya sudah sangat baik tidak ada masalah. Argentina juara dunia tidak ada TC, tapi ini yang akan kita agendakan duduk bareng dengan klub supaya sampai nanti persiapan piala dunia berakhir klub mendukung Timnas, melepas pemainnya,” terangnya.

BERITA TERKAIT

Indra meminta kepada klub-klub agar merelakan para pemainnya yang dipanggil Timnas Indonesia U-20 atau senior.

Indra sangat paham klub-klub juga sangat perlu guna mendongkrak kualitas permainan mereka di kompetisi Liga 1, akan tetapi menurut Indra ada hal yang paling penting yakni kepentingan negara dan itu yang harus diutamakan.

“Tidak mudah memang ada dua kepentingan, satu klub yang sedang memperebutkan posisi 1,2,3. Kami pahami itu tapi juga tolong maklumi kepentingan negara yang jauh lebih besar dan sesuai dengan hastagnya Walls mari kita satu hati untuk Garuda,” ujar Indra Sjafri.

Seperti diketahui, usai diliburkan pasca gagal di Piala Asia U-20, kini para pemain Timnas U-20 bersiap kembali menjadi pemusatan latihan.

Shin Tae-yong memanggil sekitar 29 pemain yang mulai hari ini menjadi TC di Jakarta.

Dari 29 pemain itu termasuk tiga pemain yang masih menjalani proses naturalisasi yakni Ivar Jenner, Justin Hubner dan Rafael Struick.

Setelah menggelar TC di Jakarta, Shin Tae-yong akan memboyong para pemainnya menjalani pemusatan latihan pada April mendatang di Korea Selatan hingga bersiap tampil pada Piala Dunia U-20, 20 Mei 2023.

Selain persiapan Timnas U-20, Shin Tae-yong juga mempersiapkan Timnas senior yang akan tampil pada laga FIFA Matchday kontra Burundi pada 25 dan 28 Maret mendatang di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Dalam persiapan Timnas senior, Shin Tae-yong memanggil 28 pemain. Akan tetapi di hari perdana persiapan ini, tiga pemain Persib Bandung yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto belum bergabung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas