Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

PDIP Jakarta Minta Pemprov DKI Tolak Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20

DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta menolak keikutsertaan tim nasional Israel dalam Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Jakarta.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Wahyu Aji
zoom-in PDIP Jakarta Minta Pemprov DKI Tolak Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua DPD PDIP DKI Ady Wijaya (kanan) menyerahkan berkas kelengkapan pendaftaran kepada Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno (kiri) saat melakukan pendaftaran di Kantor KPUD DKI Jakarta, Salemba, Rabu (21/9/2016). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta menolak keikutsertaan tim nasional Israel dalam Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Jakarta.

Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Ady Wijaya menilai membiarkan Timnas Israel berlaga di Indonesia bertentangan dengan politik bebas aktif Indonesia di kancah internasional.

“Sesuai dengan nilai - nilai dasar, pokok-pokok pikiran yang termaktub dalam Pembukaan Undang- undang Dasar Negara Republik Indonesia dengan jiwa dan
semangat kelahirannya pada 1 Juni 1945, negara kesatuan Republik Indonesia telah melaksanakan peran politik bebas aktif di kancah internasional,” katanya, Kamis, (23/3/2023).

Sejarah Indonesia dalam memainkan peran politik luar negeri yang bebas aktif kata dia,  dapat dilihat pada sikap yang tegas dan jelas dengan meniadakan hubungan diplomatik dengan negara pelaku kolonialisme/imperialisme, seperti Israel.

Oleh karenanya, PDIP DKI menolak keikutsertaan Timnas Israel sebagai wujud dari penerapan nilai nilai tersebut.

“Sehubungan dengan keikutsertaan Timnas lsrael pada perhelatan sepakbola Piala Dunia U-20 yang dilaksanakan di empat provinsi di Indonesia, maka DPD PDI Perjuangan Provinsi DKI Jakarta menolak keikutsertaan Timnas Sepakbola Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20, yang diselenggarakan di Jakarta,” katanya.

BERITA TERKAIT

PDIP DKI kata Ady mendesak Pemprov DKI berkoordinasi dengan sejumlah lembaga untuk ikut menolak keikutsertaan Timnas Israel tersebut.

Baca juga: Drawing Piala Dunia U-20 2023 dan Polemik Timnas Israel di Indonesia, Ada Skema Prohibited Clashes?

"Mengimbau Pemprov DKI Jakarta untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat, Kemenpora, PSSI dan pihak yang terlibat agar menolak Timnas Israel," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas