Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Lionel Messi Dan Cristiano Ronaldo Pertahankan Rivalitasnya Sepanjang Dua Dekade Terakhir

Lionel Messi, bintang sepak bola Argentina yang telah meraih prestasi gemilang sepanjang kariernya, kini hanya tinggal satu langkah lagi

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Lionel Messi Dan Cristiano Ronaldo Pertahankan Rivalitasnya Sepanjang Dua Dekade Terakhir
Mirror.co.uk
Megabintang Barcelona, Lionel Messi (kiri), menggenggam trofi Ballon d'Or 2012, sementara Ikon Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kanan), berpose dengan trofi Ballon d'Or 2013 

TIBUNNEWS.COM, MIAMI - Lionel Messi, bintang sepak bola Argentina yang telah meraih prestasi gemilang sepanjang kariernya, kini hanya tinggal satu langkah lagi untuk melengkapi koleksi trofinya yang mengesankan.

Meraih Ballon d'Or Kedelapan

Pada bulan Oktober, Lionel Messi berhasil mencetak sejarah dengan meraih Ballon d'Or kedelapan, memecahkan rekor dan menambah daftar pencapaiannya yang luar biasa, termasuk Piala Dunia, Copa America, empat Liga Champions, 10 La Liga, dan dua gelar Ligue 1.

Pemain depan Argentina Lionel Messi meninggalkan lapangan karena insiden di tribun penonton sebelum dimulainya pertandingan sepak bola kualifikasi Amerika Selatan Piala Dunia FIFA 2026 antara Brasil dan Argentina di Stadion Maracana di Rio de Janeiro, Brasil, pada 21 November 2023.
Pemain depan Argentina Lionel Messi meninggalkan lapangan karena insiden di tribun penonton sebelum dimulainya pertandingan sepak bola kualifikasi Amerika Selatan Piala Dunia FIFA 2026 antara Brasil dan Argentina di Stadion Maracana di Rio de Janeiro, Brasil, pada 21 November 2023. (CARL DE SOUZA / AFP)

Meski sudah menghiasi lemari piala dengan berbagai penghargaan, ada satu lagi yang menjadi incaran Messi, yaitu penghargaan Kaki Emas.

Golden Foot Award, yang diberikan kepada pemain yang menonjol baik dari segi prestasi atletik maupun kepribadian, menjadi satu-satunya penghargaan individu yang belum pernah diraih oleh Messi.

Proses Penentuan Golden Foot 

Penghargaan ini hanya dapat diberikan kepada pemain aktif yang berusia minimal 28 tahun dan dapat dimenangkan hanya satu kali sepanjang karier.

Proses penentuan pemenang Golden Foot melibatkan sepuluh nominasi yang dipilih oleh panel jurnalis internasional berdasarkan kriteria tertentu. Pemenangnya kemudian ditentukan melalui jajak pendapat online, memberikan kesempatan bagi para penggemar sepak bola untuk memilih favorit mereka.

Penyerang Al Nassr, Cristiano Ronaldo tersenyum selama pertandingan Liga Champions melawan Persepolis di Stadion Al Awwal pada 27 November 2023.
Penyerang Al Nassr, Cristiano Ronaldo tersenyum selama pertandingan Liga Champions melawan Persepolis di Stadion Al Awwal pada 27 November 2023. (FAYEZ NURELDINE / AFP)

Meskipun nama-nama besar seperti Robert Lewandowski, Mohamed Salah, dan bahkan rival sejati Messi, Cristiano Ronaldo, telah menjadi pemenang sebelumnya, Messi sendiri belum pernah meraih penghargaan tersebut.

Lionel Messi Kandidat Terkuat Golden Foot

BERITA TERKAIT

Namun, dengan kemenangan Ballon d'Or beberapa bulan lalu, Messi kembali menjadi kandidat kuat dalam persaingan Golden Foot tahun ini.

Jam tangan emas 18 karat Lionel Messi saat dipakai dalam penganugerahan Ballon d'Or 2023 di Paris, Prancis, Selasa (31/10/2023)
Jam tangan emas 18 karat Lionel Messi saat dipakai dalam penganugerahan Ballon d'Or 2023 di Paris, Prancis, Selasa (31/10/2023) (Twitter @@SomosAnalistas_)

Saat ini, Messi sedang menikmati masa istirahat sebelum memulai kampanye pramusim bersama Inter Miami di Major League Soccer pada Tahun Baru.

Setelah menyelesaikan musim pertamanya bersama Miami pada bulan Oktober, Messi akan menghadapi tantangan baru dalam persaingan sepak bola Amerika.

Rivalitas Messi Dan Ronaldo

Salah satu pertandingan pramusimnya bahkan akan memperbaharui rivalitas legendaris dengan Cristiano Ronaldo ketika Miami berhadapan dengan tim Liga Pro Saudi Al Nassr.

Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo menghadiri sesi latihan menjelang pertandingan sepak bola kualifikasi grup A putaran pertama EURO 2024 antara Portugal dan Slovakia di stadion Dragao di Porto pada 12 Oktober 2023. MIGUEL RIOPA / AFP
Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo menghadiri sesi latihan menjelang pertandingan sepak bola kualifikasi grup A putaran pertama EURO 2024 antara Portugal dan Slovakia di stadion Dragao di Porto pada 12 Oktober 2023. MIGUEL RIOPA / AFP (MIGUEL RIOPA / AFP)

Messi dan Ronaldo, yang masing-masing telah memenangkan total 13 Ballon d'Or, terus mempertahankan rivalitas sengit mereka sepanjang dua dekade terakhir.

Mereka telah bersaing untuk meraih penghargaan tim dan individu, menjadi puncak dari persaingan sepak bola yang mendebarkan, terutama ketika keduanya masih membela Barcelona dan Real Madrid.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas