Intel Investasi 300 Juta Dollar AS Untuk Perbanyak Keragaman
Revolusi wearable mendefinisikan ulang hubungan antara konsumen dan teknologi.
Penulis: Hendra Gunawan
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pengumuman meliputi modul Intel Curie, produk hardware seukuran tombol untuk solusi wearable; aplikasi baru untuk kamera Intel RealSense, drone multi-copter dan pengalaman 3-D mendalam; dan, keanekaragaman baru yang luas dalam inisiatif teknologi, yang mencakup investasi 300 juta dollar AS untuk mendorong lebih banyak keragaman di Intel dan dalam industri teknologi pada umumnya.
Munculnya pengalaman komputasi pribadi baru, kata Brian Krzanich, CEO Intel, perangkat cerdas dan terhubung, dan revolusi wearable mendefinisikan ulang hubungan antara konsumen dan teknologi.
"Tujuan kami dengan teknologi Intel adalah untuk membantu memecahkan masalah nyata dan memungkinkan pengalaman yang benar-benar diinginkan oleh orang-orang dan bisnis. Untuk melakukan hal ini, kita juga harus berbuat lebih banyak untuk memimpin pertumbuhan keragaman dan inklusi dalam industri teknologi. Perempuan dan keterwakilan minoritas akan terus memainkan peran yang lebih besar sebagai konsumen, influencer, pencipta dan pemimpin. "
Krzanich membuat pengumuman selama pidato utama pada 2015 International Consumer Electronics Show. Dia juga mengumumkan kolaborasi wearable dengan Oakley, merek desainer produk dan kacamata olahraga merek terkemuka, kolaborasi 3-D dengan HP, dan True Key, aplikasi cross-platform baru dari Intel Security yang menggunakan faktor-faktor pribadi seperti wajah, perangkat atau sidik jari untuk membuat masuk ke dalam aplikasi menjadi lebih mudah dan aman.
Pertumbuhan teknologi wearable adalah menciptakan lapangan baru untuk inovasi. Krzanich mengungkapkan rencana untuk modul Intel Curie, produk hardware kecil dengan chip yang didesain khusus untuk perangkat wearable. Modul ini dijadwalkan untuk mulai dikapalkan pada semester kedua tahun ini dan termasuk Intel Quark, radio rendah energi Bluetooth, sensor dan pengisian daya baterai.
Intel telah secara aktif mengejar segmen teknologi wearable, dan sejak Krzanich mengungkapkan beberapa proyek tahun lalu, perusahaan telah mengumumkan beberapa produk dan inisiatif dengan fashion, kebugaran dan gaya hidup merek yang berbeda. Upaya kerjasama ini termasuk dengan Basis Peak, Fossil Group, Luxottica Group, MICA and Opening Ceremony, SMS Audio , dan tantangan dari Intel "Make it Wearable".
Untuk mewujudkan kerjasama tersebut, Intel dan Oakley juga mengumumkan kolaborasi strategis produk wearable. Oakley adalah merek pertama dari Luxottica Group dimana Intel bekerja sama dengan sumbu premium, kacamata mewah dan olahraga dengan teknologi pintar. Krzanich dan Colin Baden, CEO Oakley, menyampaikan perusahaan sedang bekerja pada sebuah produk yang cerdas, tersedia akhir tahun ini, dirancang untuk meningkatkan kinerja atlet.
Krzanich juga menyoroti Nixie, pemenang tantangan "Make it Wearable" 2014 dan kamera wearable pertama yang bisa terbang. Nixie dipakai di pergelangan tangan seperti gelang, kemudian terbuka dan terbang untuk mengambil foto yang sempurna dari penggunanya pada saat itu. Krzanich bersama pendiri Nixie, Christoph Kohstall dan Jelena Jovanovic membahas tantangan Intel "Make it Wearable" dan menyoroti kesempatan ini sebagai peluang kepada inovator dan pengusaha.
Krzanich juga mengumumkan inisiatif Keanekaragaman dalam Teknologi. Untuk mendukung inisiatif ini, Intel telah menetapkan tujuan perekrutan baru yang berani untuk mencapai keterwakilan penuh perempuan dan minoritas di Intel pada tahun 2020. Keterwakilan penuh berarti tenaga kerja di Intel Amerika Serikat akan lebih mewakili bakat yang tersedia di Amerika, termasuk keterwakilan lebih seimbang dalam posisi kepemimpinan senior.
Intel juga berencana untuk investasi 300 juta dollar AS, untuk membantu mengakomodasi insinyur perempuan dan ilmuwan komputer yang kurang terwakili; untuk secara aktif mendukung mempekerjakan dan mempertahankan lebih banyak wanita dan minoritas yang kurang terwakili; dan untuk mendanai program-program untuk mendukung keterwakilan yang lebih positif dalam teknologi dan industri game.
"Kami menyerukan kepada para pemain industri untuk kembali membuat tampaknya tidak mungkin menjadi mungkin dengan membuat komitmen untuk perubahan yang nyata dan kejelasan dalam tujuan kami," kata Krzanich. "Tanpa tenaga kerja yang lebih nyata mencerminkan populasi yang ada, kita kehilangan kesempatan, termasuk tidak memahami dan merancang bagi pelanggan kami sendiri."
Intel berencana untuk terlibat dengan beberapa mitra industri untuk mendukung, meningkatkan atau membuat program-program baru untuk inisiatif ini, termasuk International Game Developers Association, E-Sports League, Pusat Nasional untuk Perempuan dalam Teknologi, CyberSmile Foundation, Feminist Frequency, dan Rainbow PUSH. Perusahaan juga berencana untuk memperdalam keterlibatan dengan program pendidikan dasar difokuskan pada daerah yang kurang terlayani dan memperluas kolaborasi dengan program ilmu komputer dan teknik di perguruan tinggi, termasuk lembaga-lembaga yang melayani minoritas.