Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

5 Jurus Lapangkan Kapasitas Memori iPhone

Mungkin iPhone kita mengalami kekurangan kapasitas ruang penyimpanan karena terlalu banyak data atau aplikasi yang kita simpan.

5 Jurus Lapangkan Kapasitas Memori iPhone
Apple

TRIBUNNEWS.COM – Mungkin iPhone kita mengalami kekurangan kapasitas ruang penyimpanan karena terlalu banyak data atau aplikasi yang kita simpan. Berikut 5 cara mudah untuk mengurangi kapasitas ruang penyimpanan iPhone seperti dikutip dari chip.co.id:

1. Berhenti menyimpan teks selamanya

Secara default, iPhone akan mengatur penyimpanan pesan untuk selamanya namun ini akan menghabiskan pula kapasitas ruang penyimpanan. Untuk menghentikan hal tersebut, kita dapat mengatur pesan untuk disimpan selama 30 hari atau satu tahun.

Caranya yaitu dengan membuka Settings dan tap Messages. Lalu gulir ke bawah hingga menemukan Message History, dan tap Keep Messages. Selanjutnya kita dapat ubah ke 30 hari atau satu tahun.

2. Jangan double-save foto

Jika kita menggunakan mode HDR pada iPhone atau Instagram, kita mungkin memerhatikan bahwa ponsel kita secara otomatis akan menyimpan dua foto yaitu versi HDR dan versi normal. Untuk menghentikan hal tersebut caranya yaitu dengan membuka Settings dan tap Photos & Camera. Kemudian gulir ke bawah ke bawah dan untick Keep Normal Photo.

Untuk menghentikan penyimpanan foto ganda pada Instagram, caranya yaitu buka aplikasi Instagram lalu tekan tab profil kita. Setelah itu, tap Settings lalu untick Save Original Photos.

3. Bersihkan cache browser

Jika kita sering menggunakan Safari, iPhone akan menyimpan History dan Data Web. Untuk menghapus cache browser Safari, caranya yaitu dengan membuka Settings dan tap Safari. Lalu gulir ke bawah dan tap Clear History and Website Data.

4. Bersihkan data offline

Kita mungkin secara tidak sengaja menyimpan data offline di aplikasi yang mungkin hanya digunakan saat sedang online. Seperti Offline Reading List yang dapat mengambil kapasitas ruang penyimpanan pada ponsel kita, untuk menghapus hal tersebut caranya yaitu dengan membuka Settings > General > Usage > Manage Storage > tap Safari. Setelah itu tap Edit, dan Delete Offline Reading List.

5. Selektif dalam menghapus aplikasi dan data

Sebagian besar trik ini akan mengurangi beban kapasitas ruang penyimpanan kita yaitu dengan menghapus beberapa data dan aplikasi pada iPhone kita yang sudah tidak begitu digunakan seperti beberapa aplikasi, foto, video, atau lagu.

Caranya dengan membuka Settings > General > Usage > Manage Storage. Setelah itu, kita akan melihat daftar aplikasi yang diurutkan berdasarkan jumlah kapasitas yang diambil. Kita dapat memilih sebuah aplikasi untuk menghapusnya langsung dari menu ini.

Sumber: Chip
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas